Gapensi: WNA Dilarang Masuk, Ini Peluang Kontraktor Lokal

Situasi pandemi Covid- 19 semenjak Maret kemudian dinilai menimbulkan kesempatan untuk kontraktor lokal. Salah satunya dari larangan masuk ke Indonesia untuk warga negara asing.

Wakil Sekjen II Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia( Gapensi) Errika Ferdinata menarangkan terdapat kesempatan dari situasi pandemi, misalnya, menggarap proyek yang sebelumnya dikerjakan oleh kontraktor asing.

“Pandemi ini bisa sekaligus menjadi peluang bagi kontraktor nasional di mana ada pelarangan akses masuk warga negara asing, tentu ada persyaratan dan standar yang harus dipenuhi terlebih dahulu,” ujarnya kepada Bisnis

Menurutnya, kontraktor asing biasanya juga menggarap proyek yang berasal dari investasi luar negeri. Kerja sama kontraktor asing dengan pemilik proyek itu karena adanya kesamaan budaya dan bahasa sehingga kontraktor asing mempunyai nilai lebih.

Oleh karena itu, kontraktor lokal harus mampu memenuhi kebutuhan dan standar dari berbagai proyek konstruksi asal luar negeri.

Dengan adanya usaha buat meningkatkan kemampuan dari kontraktor lokal, pelaksana usaha konstruksi ditaksir hendak mampu memahami bermacam proyek di dalam negeri sendiri.

Sumber : Ekonomi Bisnis