Puluhan Ribu Kontraktor Swasta Bangkrut Akibat Sepi

Wakil Ketua Umum III Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) bambang Rahmadi berkata, dalam 3 tahun terakhir sebesar 37. 000 perusahaan kontraktor swasta hadapi kebangkrutan. Bambang menarangkan sebelumnya jumlah anggota Gapensi tercatat sekitar 80. 000. Tetapi saat ini berjumlah 43. 000 anggota.

Bambang menambahkan, perusahaan kontraktor swasta gulung tikar karena tidak terdapat kerjaan. Situasi yang sudah terjadi dalam waktu 3 tahun ini menimbulkan perusahaan tidak mampu membayar beban serta kebutuhan. Sehingga mau tidak mau terpaksa tutup.

Bambang mengatakan, perusahaan kontraktor swasta saat ini mendapat jatah 45 persen dari keseluruhan proyek infrastruktur yang saat ini tengah dilakukan pemerintah. Jatah itu menurut Bambang terhitung kecil bila dibanding perusahaan kontraktor milik negara ataupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapat jatah 55 persen proyek infrastruktur.

Itulah sebabnya Bambang memohon pemerintah meningkatkan jatah swasta. Alasannya jatah 45 persen proyek wajib didistribusikan kepada sekitar 140. 000 kontraktor. Sebaliknya jatah proyek BUMN hanya dibagi pada 8 kontraktor. Jumlah ini bagi Bambang nyata amat timpang.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSm Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia