Proyek Jalan Nasional Baru Tengah Menunggu Lelang Kontraktor

Sesudah tuntas melaksanakan pengerjaan proyek preservasi rekonstruksi jalan di 2019 lalu, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII PPK daerah Probolinggo, Paiton, Situbondo menyiapkan proyek jalan nasional baru. Realisasinya masih menunggu selesai lelang kontraktor.

Koordinator Pengawas BBPJN VIII PPK Probolinggo, Paiton, Situbondo, Candra Erfin berkata, proyek jalan baru rencananya akan dilaksanakan akhir April tahun ini. Namun, dalam realisasinya mungkin akan dilaksanakan pada pertengahan tahun.

“Nama proyeknya tidak jauh beda dengan sebelumnya, yakni preservasi rekonstruksi jalan. Saat ini sudah masuk pada masa penawaran lelang pada kontraktor dengan anggaran Rp 9 miliar. Sedangkan untuk realisasinya akan dilakukan April. Paling lambat pengerjaannya Mei,” ujar Candra -sapaan akrabnya-.

Kemungkinan keterlambatan itu, diungkap Candra, karena selesai proses lelang masih akan ada meeting perihal teknis pengerjaan. Selain itu, dalam realisasinya nanti pengerjaan akan dilakukan dengan cara melakukan perbaikan spot-spot mengikuti ruas jalan yang memang harus dilakukan perbaikan.

“Anggarannya memang turun dari proyek tahun lalu yang menghabiskan sekitar Rp 200 miliar. Itu, terjadi karena anggaran dikeluarkan sesuai dengan jenis proyek dan pengerjaannya. Tahun ini, proyek yang ada di ruas jalan nasional Probolinggo, Paiton, Situbondo tidak terlalu berat. Hanya perbaikan spot-spot saja,” ujarnya.

Candra menambahkan, proyek jalan nasional baru ini juga akan menggunakan alat berat dalam pengerjaannya. Ia mengungkap, karena saat ini masih masuk pada masa kekosongan proyek pada ruas jalan nasional Probolinggo, Paiton, Situbondo, pemeliharaan ringan tetap dilakukan.

“Saat ini memang masih masa transisi menuju proyek baru, namun bukan berarti tidak ada pengerjaan. Hingga proyek baru terealisasi, pihak kami tetap melakukan pemeliharaan jalan. Hanya saja untuk pemeliharaan ini tidak menggunakan alat berat, berbeda nanti dengan proyek jalan baru yang akan menggunakan alat berat,” ujarnya.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia