Jadwal Pemanggilan Yayasan dan Kontraktor Terkait Kasus Lift Proyek RSI Unisma, Kota Malang

Polresta Malang Kota akan memanggil pihak yayasan dan kontraktor untuk menyelidiki kasus kecelakaan kerja lift proyek RSI Unisma, Kota Malang.

“Kami akan memanggil pihak kontraktor pada 22 September 2020, dan kami panggil pihak yayasan pada 23 September 2020.”

“Sedangkan dirut dari kontraktor akan dipanggil pada 24 September 2020,” ujar Iptu Rudi Hidajanto, Kasubnit I Unit IV Satreskrim Polresta Malang Kota kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (19/9/2020).

Saat ini pihaknya fokus mengejar adanya unsur kelalaian sesuai pasal 359 KUHP dalam kasus kecelakaan kerja tersebut.

“Sesuai keterangan mandor, para pekerja naik ke atas menggunakan lift proyek itu atas keinginan sendiri. Pihak mandor telah menjelaskan dan sudah menganjurkan agar para pekerja melewati tangga untuk naik ke atas.”

“Kami akan perdalam lagi, dan kami akan sesuaikan antara keterangan mandor dengan para korban,” jelasnya.

Pihaknya masih belum menentukan adanya pihak yang harus bertanggung jawab terkait insiden tersebut.

“Penyelidikan masih belum selesai. Misalnya, kalau dirut kontraktor tugasnya ada di lapangan dan pada saat itu ada di situ, dia yang tanggung jawab.”

“Tapi apabila dia tidak ada disitu, kemudian diserahkan di lapangan, maka orang yang di lapangan itulah yang harus tanggung jawab,” tambahnya.

“Untuk penetapan tersangka masih menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut. Yayasan kan punya uang lalu mau membuat gedung. Karena dia tidak mampu membangun sendiri, maka dia kerja sama dengan pihak kontraktor.”

“Jadi, semua aktivitas kegiatan dan pelaksanaan pembangunan diserahkan oleh pihak kontraktor. Oleh karena itu, kami sangat hati – hati sekali dalam melakukan penyelidikan,” terangnya.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia