Pembangunan Rampung, Asrama Haji Mamuju Akan Diresmikan Menteri Agama

Asrama haji Mamuju, Sulawesi Barat, yang berada di Jalan Haji Mustafa Katjho saat ini telah selesai dibangun. Asrama haji yang dibangun kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat, Kementerian Agama, dan Komisi VIII DPR RI itu sedianya akan diresmikan Menteri Agama, Fachrul Razi.

“Asrama haji  yang dibangun di Sulawesi Barat ini masuk dalam golongan asrama transit karena kondisi bandara di Sulbar masih belum memenuhi kapasitas untuk menjadi embarkasi haji seperti embarkasi haji Makassar,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Barat, Muflih B. Fattah, Sabtu (19/9).

Menurutnya, keinginan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan asrama haji transit itu sudah ada sejak 2004 dan baru terealisasi pada tahun 2020. Muflih menyebut hal tersebut tidak lepas dari andil Gubernur Sulbar dan anggota komisi VIII DPR RI, Andi Ruskati Ali Baal.

“Asrama haji ini dibangun tiga lantai. Pada tahap awal pembangunannya akan disiapkan 42 kamar, juga nantinya akan difungsikan sebagai tempat sosialisasi, rapat, dan workshop,” imbuh Muflih.

Asrama haji Mamuju itu juga sudah difungsikan saat pelaksanaan MTQ tingkat Sulawesi Barat dan menjadi tempat kafilah dari berbagai kabupaten, seperti Mamasa dan Mamuju Tengah.  

“Sebanyak 36 kamar ditempati dan jumlah yang nginap 109 orang dengan fasilitas AC, lift, TV, dan kamar mandi dengan fasilitas air panas,” jelasnya.

Muflih menegaskan, sejak awal pekerjaan asrama haji Mamuju ia selalu menekankan kepada kontraktor agar melakukan pekerjaannya dengan baik dan memperhatikan dari segi mutu bangunan.

“Saya berharap para kontraktor yang bekerja melakukan pekerjaannya dengan benar. Kami kawal dan jaga kualitas mutunya sehingga bermaslahat untuk masyarakat Sulawesi Barat, khususnya para calon tamu Allah,” ujarnya. 

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, menambahkan selain pembangunan asrama haji Mamuju juga akan dibangun fasilitas seperti Madrasah Insan Cendekia yang sedang dalam tahap pembebasan lahan.

“Untuk pembangunannya, saya harapkan dapat benar-benar diperhatikan dengan baik, konsultan perencana, pengawas maupun pelaksana jangan sampai dicederai,” ucapnya.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia