Informasi Nasabah Dijamin Aman, Aplikasi JakOne Mobile Dapat Sertifikat ISO 27001:2013

Bank DKI menjamin kualitas keamanan informasi bagi para nasabahnya. Hal ini dibuktikan lewat diterimanya Sertifikasi ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada Penyediaan Layanan Super Apps JakOne Mobile dari Lembaga Sertifikasi di Jakarta.

Sertifikasi tersebut diserahkan Edmundus Wiharyono selaku Direktur Lembaga Sertifikasi di Jakarta kepada Amirul Wicaksono selaku Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI.

Amirul mengatakan, pihaknya telah melakukan pemenuhan regulasi seperti Peraturan Bank Indonesia (PBI), Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK), serta Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Menurutnya, bank sebagai industri strategis harus melindungi data dan layanan nasabah terutama dalam penerapan Cyber Security.

“ISO 27001 membantu Bank DKI dalam mengelola dan melakukan mitigasi risiko atau ancaman keamanan, yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan nasabah dan mitra kerja untuk menggunakan produk dan layanan Bank DKI, khususnya pada produk perbankan digital seperti aplikasi JakOne Mobile,” ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Sebagai informasi, ISO 27001 merupakan standar internasional mengenai keamanan informasi yang dapat membantu organisasi dalam membangun dan menerapkan sistem manajemen pengamanan informasi menyeluruh, mencakup aspek kebijakan dan tata kelola, SDM, Teknologi dan keterlibatan manajemen.

Untuk mendapatkan sertifikat ini, Amirul menjelaskan pihaknya mengawali dengan penetapan ruang lingkup terutama layanan digital JakOne Mobile dan data penting bagi bisnis Bank DKI yang harus dilindungi. Selanjutnya, dilakukan gap analysis untuk mendapatkan gambaran/potret kondisi keamanan informasi di Bank DKI.

Kemudian, dilakukan juga perbandingan sesuai ketentuan standar ISO meliputi aspek orangnya, proses, dan teknologi.

“Tahap selanjutnya, Bank DKI akan melakukan pemenuhan gap dan audit internal, untuk kemudian melakukan audit sertifikasi bersama pihak TUV Rheinald sebagai lembaga yang sudah terakreditasi sesuai persyaratan regulator,” katanya.

Sampai kuartal II 2022, pengguna aplikasi JakOne Mobile telah mencapai 1,7 juta pengguna dengan jumlah nominal transaksi mencapai Rp9,1 triliun, serta volume transaksi mencapai 10,8 juta transaksi. Transaksi QRIS melalui JakOne Mobile juga tumbuh 742 persen (yoy) menjadi Rp22,4 miliar dibanding kuartal II 2021 sebesar Rp2,6 miliar.

Sumber : Detik 

Nah ,  Buat perusahaan kamu yang ingin tersertifikasi ISO boleh banget untuk tanya- tanya kami dulu di nomor 0813 1600 1020.