Warga Keluhkan Talud Di Wajo Yang Diduga Asal-asalan, PPK Justru Bela Kontraktor

Talud di Dusun Sumpang Ale Barat, Kecamatan Pammana, diduga tidak sesuai bestek serta spesifikasi bangunan.

Indikasinya, walaupun baru tuntas dibangun Desember 2019, sebagian struktur bangunan sudah mulai rusak. Di antara lain dinding ada yang telah berlubang. Fondasi juga telah ambrol tergerus air.

Bukan itu saja, tidak semua dinding talud dilapisi semen halus. Masyarakat menduga, kontraktor hanya asal bangun. Yang penting tuntas tepat waktu serta sesuai dengan volume pekerjaannya.

Warga sekitar, Latang (45) mengatakan, sebenarnya sangat senang ada bangunan talud di daerahnya. Namun yang menjadi persoalan adalah kualitas bangunan tersebut yang rendah.

Kondisi itu dikhawatirkan umur talud tidak akan lama. Terbukti saat ini beberapa titik talud sudah mulai rusak.

“Harusnya pekerjaannya tidak usah banyak. Biar sedikit yang penting sesuai bestek dan spesifikasi. Untuk apa banyak tapi cepat rusak,” ucap Latang.

Latang menjelaskan, terjadinya penyimpangan dalam pembangunan talud ini, juga karena tidak ada pengawasan dari instansi terkait.

Terutama saat proses pembangunan. Sehingga apa saja bahan yang digunakan dan apakah sesuai atau tidak ukuran material untuk membangun, tidak ada yang mengontrolnya.

Andi Tenri Akko selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Bina Marga, Cipta Karya, Jasa Kontruksi, dan Penataan Ruang Kabupaten Wajo mengatakan, pekerjaan itu tidak ada masalah.

“Masalah kualitas itu masih ada masa pemeliharaan enam bulan. Pihak kontraktor akan tetap memperbaikinya karena belum di-PHO,” tutup Andi Akko.

Sementara kontraktor CV Putra Irfan, Wawan mengatakan pekerjaan mereka sudah selesai. Perbaikan sudah dilakukan sejak 26 Desember 2019.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia