Temuan Proyek Pengaspalan Bisa Dikeruk Pakai Tangan, Bupati Muaraenim Janji Blacklist Kontraktor

Bupati Muaraenim bakal evaluasi menyeluruh Dinas PUPR Kabupaten Muaraenim dan Kontraktor- kontraktor bermasalah. Perihal ditegaskan langsung oleh Bupati Muaraenim, H Juarsah SH disaat dikonfirmasi Tribunsumsel.

Terkait adanya temuan- temuan permasalahan pembangunan proyek tersebut, kita telah memohon regu inspektorat untuk melaksanakan pengencekan, apa permasalahan sebenarnya, sehingga dapat di perbuatan lanjuti,” tuturnya.

Ditegaskan Bupati,bahwa jika dari hasil pemeriksaan nantinya terdapat unsur kesengajaan melakukan pekerjaan yang tidak baik,maka pihaknya akan melakukan evaluasi secara menyeluruh.

” Baik Pejabat di dinas PUPR maupun para kontraktornya, jadi saat ini saya belum bisa berkomentar banyak sebelum tim dari inspektorat melaporkan hasil pengecekan ke Lapangan,”katanya.

Namun lanjutnya pihaknya berkomitmen penuh akan melakukan blacklist terhadap kontraktror ataupun perusahaan yang bermasalah.

” Saya tegaskan,bagi yang kontraktor atau perusahaan yang nakal, maka tidak akan saya rekomendasikan untuk ikut tender proyek ditahun-tahun selanjutnya,”katanya.

Ia juga mengatakan terkait proyek-proyek yang bermasalah yang belum dibayar,pihaknya tidak akan memberikan pembayaran sebelum proyek tersebut diselesaikan dengan baik dan sesuai Standarisasi.

” Seperti yang di Semendo kemarin,itu belum kita bayar, sebelum hasil audit keluar,”katanya.

Ditambahkan Juarsah, terkait Kepala Dinas PUPR yang sulit ditemui di Kantor,pihaknyapun akan memberikan teguran.

Kalau memang kepala dinas sulit untuk diajak komunikasi,tentu nanti akan kita tegur,karena komunikasi itu sangat penting,jangan sampai miss komunikasi karena susah untuk di temui atau di hubungi,”pungkasnya.

Aksi seorang anggota DPRD Muara Enim, Sumsel mengeruk aspal pakai tangan, menjadi perbicangan warganet.

Anggota DPRD Muara Enim Dapil IV, dibuat geram atas tindakan yang di lakukan oleh kontraktor yang mengerjakan proyek pengaspalan overlay ruas jalan Pulau Panggung menghubungkan Talang Barisan Desa Babatan, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL).

Hal ini terungkap dalam video yang mendadak viral di media sosial, dimana salah satu wakil rakyat yang sedang melaksanakan reses di Dapil IV menemukan proyek pengaspalan ruas jalan yang diduga pengerjaannya asal-asalan alias amburadul.

Menurut info perbaikan jalan tersebut bersumber dari dana APBD tahun 2020 dengan pagu anggaran pekerjaan sebesar Rp5.867.739.000.

Namun sayangnya diduga karena dikerjakan asal-asalan membuat aspalnya dengan mudah mengelupas dengan hanya cukup dikeruk menggunakan tangan telanjang oleh salah satu anggota DPRD Muaraenim yang terlihat dalam video tersebut.

Adanya temuan proyek yang diduga dilaksanakan dengan asal-asalan tersebut pun dibenarkan oleh salah satu anggota DPRD Muaraenim, juga berasal dari Dapil IV,Abrianto.

Setali tiga uang dengan temuan rekan-rekan kami dari dapil IV beberapa waktu yang lalu,ternyata hal yang sama juga terjadi di Dapil saya, sama-sama proyek pengerjaan jalan, dan lagi-lagi aspalnya bisa kita kupas dengan tangan kosong,”katanya.

Dikatakan Fauzi,dirinya turun kelapangan untuk mengecek langsung kondisi jalan tersebut setelah mendapat laporan dari masyarakat yang mengeluh terkait hal tersebut.

“Proyek tersebut dikerjakan dengan anggaran APBD 2020 dengan nilai Rp 1.909.500.000 dengan nama pekerjaan pelebaran dan over ruas Jalan Babat-Talang Beliung,”katanya.

Ia juga menjelaskan dengan adanya temuan tersebut, hal ini tentu menjadi PR besar bagi Dinas PUPR Kabupaten Muaraenim dan LPSE dalam melakukan tender proyek.

Wajib di amati benar latar belakang kontraktornya seperti apa, dan hasil pengerjaan proyek yang sudah di jalani seperti apa, janganlah asal seleksi, jika hasilnya seperti ini pastinya yang rugi adalah orang sebagai konsumen jalur tersebut, serta perbaikan jalur inipun dibiayai menggunakan uang rakyat,” tuturnya.

Tidak hanya itu lanjutnya pengawasan dari PPK dan dinas PUPRpun dinilai amat sedikit sehingga dapat terjalin hal- hal seperti itu.

Dapat dibilang mungkin tidak terdapat pengawasan, sebab bila terdapat pengawasan, itu dapat nampak, apakah proyek itu sesuai spesifikasi atau tidak,” tuturnya.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia.