SKK Migas Siap Bentuk Cluster Migas Untuk Kemampuan KKKS

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) merancang pembuatan cluster alias pengelompokan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dalam waktu mendatang.

Tahap ini diklaim SKK Migas sebagai salah satu usaha efisiensi kepada industri hulu migas dan untuk mendongkrak produksi dan lifting KKKS. Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto bilang nantinya akan terdapat pembuatan 6 sampai 7 cluster.

” Mesti terdapat sinergi antara KKKS, akan terdapat clustering sekitar 6 sampai 7. Mesti terdapat kerjasama serta infrastruktur jangan masing- masing,” jelas Dwi, pada gelaran IPA Convex 2019.

Lebih jauh Dwi mengatakan, salah satu bentuk kerjasama yang dimungkinkan dengan clustering ialah semacam pengadaan rig. Nantinya tiap cluster bisa berkolaborasi dalam pengadaan rig serta bisa digunakan bersama- sama.

Asal tahu saja, beberapa kontraktor mengatakan kendala yang sering dirasakan dalam pengadaan rig. Iklim investasi migas tanah air yang sedikit riuh disebut jadi salah satu indikator sulitnya mendapatkan rig.

Mengutip pemberitaan Kontan. co. id tadinya, Direktur IPA sekaligus Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf memperhitungkan kesusahan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dalam mencapai rig secara umum disebabkan belum adanya ketersediaan rig di sekitar wilayah Indonesia.

” Perusahaan penunjang memperhitungkan keekonomiannya soal peluang ditempat lain. Kesusahan ini biasanya dirasakan yang offshore,” nyata Nanang.

Penurunan aktivitas eksplorasi juga ditaksir sebagai penyebab kesulitan pengadaan rig oleh sejumlah KKKS. Tumbur berpendapat,

jika terdapat banyak rencana pengeboran hingga para perusahaan penunjang rig akan tertarik untuk datang.

Disisi lain, Pendiri Reforminer Institute sekaligus Pengamat Migas Pri Agung Rakhmanto memperhitungkan kegiatan pengeboran (jumlah rig) ialah salah satu indikator kebisingan kegiatan operasional lainnya.” Bila susah (pengadaan rig), hingga kegiatan disini kalah dengan tempat lain,” nyata Pri.

Sedangkan itu, Kepala Divisi Perencanaan Ekplorasi SKK Migas Shinta Damayanti mengatakan, usaha ini sebagai usaha yang dicoba SKK Migas untuk memangkas hal- hal yang dinilai jadi penghambat dalam pengembangan industri migas.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia