Pembangunan Infrastruktur di Lumajang Banyak Temuan Masalah

Memontum Lumajang– Bupati Lumajang, H Thoriqul Haq, M. ML., mengatakan, penerapan pembangunan infrastruktur banyak ditemui permasalahan. Hal itu, disampaikan saat beraudiensi dengan Asosiasi Kontraktor Kabupaten Lumajang, di Panti PKK, Kab. Lumajang, Senin (15/7/2019).

Turut hadir dalam diskusi itu, Kepala Dinas Pariwisata Agni Asmara Magatrah, S. STP., M. Si, Kepala Dinas Kesehatan, Dokter. Bayu, Dinas Perumahan serta Area Permukiman, Endah, serta Kepala Bagian Humas dan Protokol, Ari Murcono, S. STP., M. Si.

Cak Thoriq panggilan akrab Bupati Lumajang pada kegiatan itu menarangkan, fokus utama Pemkab. Lumajang saat ini merupakan pembangunan infrastruktur. Tetapi, beliau menemukan banyak terjadi permasalahan serta penemuan. Beliau menegaskan, permasalahan itu tidak terulang di masa kepemimpinannya.

Beliau berharap, semua kontraktor saling menjalin komitmen bersama dalam membangun Lumajang.

“ Pelaksanaan program harus sesuai standar,” jelas Cak Thoriq yang di Informasikan Humas Pemkab, Selasa (16/7/2019).

Dalam pelaksanaannya, tutur Cak Thoriq, tidak boleh ada yang memonopoli program pekerjaan. Semua harus proporsional, tidak boleh saling mengganggu,” jelasnya.

Sedangkan itu, Yudhie, Pimpinan Federasi Kontraktor Kabupaten Lumajang menyampaikan, salah satu keluhkesah yang dirasa berat oleh para kontraktor adalah mengenai penerapan pengadaan barang serta jasa, yang persyaratanya wajib memiliki rekening koran sebesar 20%, serta penyertaan surat ketrampilan tenaga kerja.

Tidak hanya itu, mengenai asuransi jaminan pemeliharaan barang yang wajib memakai asuransi bank dari pemerintah, tidak boleh memakai jasa asuransi lain. Terdapat pula keluhkesah mengenai ijin proyek yang wajib memohon ijin Bupati serta Wakil Bupati.

Menjawab perihal itu, Wabup Ir Indah Amperawati MSi menarangkan, dirinya tidak sempat membahas proyek apapun dengan kepala dinas.

“ Tidak boleh ada yang mengatasnamakan bupati serta Wakil Bupati.” tegasnya.

Setelah itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Lumajang, Karna S., menarangkan, pihaknya hendak menilai terkait sebagian keluhkesah yang di informasikan. Beliau menerangkan, tadinya sudah melangsungkan pertemuan dengan sebagian kontraktor untuk mangulas perihal itu. Beliau juga memohon supaya bupati merevisi Perbup terkait harga satuan barang bangunan.

Bupati menginginkan, dalam penerapan pembangunan infrastruktur di Lumajang, kontraktor dengan pemerintah daerah harus saling kerja sama dengan asas kebersamaan, serta saling percaya. Beliau juga membuka ruang dialog untuk diskusi serta menerima saran.

“ Yang penting, pekerjaan harus benar, kondusif, tidak bermasalah.” pungkasnya.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSm Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia