Kadis PUPR Kabupaten Gorontalo Bantah Pungut Fee Proyek, Hanya Uang Terima Kasih

Heibogor. com– Banyaknya dorongan dari bermacam pihak membuat PT Trikencana Sakti Utama yang ditunjuk sebagai pelaksana proyek pembangunan gedung perawatan Blok 3 di RSUD Kota Bogor menandatangani perjanjian pakta integritas dengan RSUD Kota Bogor.

Plt Dirut RSUD dokter. Rubaeah membetulkan kalau pakta integritas telah dibangun dengan pihak kontraktor pelaksana ialah PT Trikencana Sakti. Penandatanganan pakta integritas itu, dihadiri pula oleh Pokja, Aparat Pengawas Internal Pemerintah( APIP) ataupun Inspektorat, TP4D serta Ketua PT Trikencana Sakti Utama.“ Pakta integritas telah dilaksanakan Rabu kemarin di RSUD,” ucap Rubaeah, Jumat( 14 atau 6 atau 19).

Dalam pakta integritas, lanjut Rubaeah, terdapat beberapa pokok penting perjanjian wajib yang akan dipenuhi oleh pihak pelaksana pembangunan di antara lain, pekerjaan pembangunan gedung perawatan baru RSUD wajib dilaksanakan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah didetetapkan serta dijanjikan.

“ Sampai saat ini, waktu pengerjaan semakin mundur saja. Awal mulanya 200 hari, saat ini sudah tinggal 190 hari. Jadi, perkara waktu pengerjaan itu penting serta mereka wajib tepat waktu,” ucapnya. Kedua, lanjutnya, soal kualitas hasil pekerjaan yang harus sesuai dengan RAB serta speknya. Jangan sampai mengganti RAB serta harus sesuai dengan pemograman. Karena dengan waktu yang amat pendek mempengaruhi pada hasil pekerjaan. Belum lagi soal anggaran yang juga turut menentukan hasil kualitasnya.

“ Pembangunan gedung perawatan baru setinggi 4 lantai itu harus berakhir 27 Desember 2019. Jadi, ketika selesai nanti, hasil pekerjaannya harus berkualitas sesuai spek,” tandasnya. Ganjaran jelas juga hendak dikasih pada pihak perusahaan pelaksana bila terjadi pelanggaran. Dari mulai peringatan sampai memberi tahu pada tim untuk ditindaklanjuti. Ganjaran beratnya tidak hanya kena finalty, perusahaan itu juga dapat di- blacklist, sambungnya.

Selama proses pembangunan, tim teknis serta pengawas hendak bertugas memantau ketat pekerjaan itu. Saat ini, akan dimulai pembongkaran di posisi yang hendak dibentuk. Berikutnya baru mulai perencanaan pembangunan. Tidak hanya itu, dalam pakta integritas juga dimohon supaya pihak kontraktor mendahulukan barang- barang yang dibeli secara impor, supaya barang itu tersedia sejak awal.

“ Ada beberapa benda impor yang harus disiapkan saat ini, seperti contohnya Jenset yang harus segera diadakan karena itu barang impor. Kita awasi ketat pembangunannya serta tim akan terus memantau,” pungkasnya.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSm Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia