Boks Girder Jalan Tol Layang Japek Terakhir Dipasang

Proyek profesi Jalan Tol Jakarta- Cikampek II (elevated–tol layang), dikebut serta diharapkan libur Natal dan Tahun Baru 2020 telah bekerja. Salah satu pekerjaan kebanyakan proyek Jalan Tol tersebut yang mengusik arus lalu lintas merupakan penaikan Steel Box Girder (SBG).

“ Selasa (10/09/2019) SBG terakhir dipasang,” ucap Dwimawan Heru, Humas Korporate PT Jasa Marga. Kontruksi dasar dari jalan tol layang sepanjang 36, 40 kilometer itu semuanya telah membentang.

Jumlah SBG untuk proyek ini berjumlah lebih dari 2. 500 unit dengan dimensi yang berbeda- beda dan SBG yang terakhir (SBG ke- 2573) dipasang di Kilometer 17 Bekasi Timur.

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) berlaku seperti pengelola Jalan Tol Jakarta- Cikampek II (Elevated) Djoko Dwijono mengatakan bahwa dengan selesainya penaikan SBG terakhir itu juga menunjukkan penyelesaian konstruksi masih sesuai dengan sasaran, ialah pada akhir September 2019.

“ Cara penaikan semua SBG untuk Jalan Tol Jakarta- Cikampek II Elevated tuntas dalam waktu 22 bulan dari keseluruhan pekerjaan proyek yang saat ini sudah berjalan sepanjang 30 bulan,” tutur Djoko.

“ Sehabis penaikan SBG ini telah tuntas, hingga saat ini kita fokus pada pekerjaan pengecoran slab. Akhir September 2019 ini kita agendakan semua pekerjaan konstruksi tuntas sehingga bisa dilanjutkan dengan proses lainnya semacam uji beban, uji layak fungsi serta uji layak operasi,” tegas Djoko.

Djoko menambahkan, dengan selesainya penaikan SBG terakhir ini hingga mayoritas pekerjaan akan fokus dilakukan di komponen berdasarkan (badan jalan) proyek sehingga diharapkan kemampuan adanya rekayasa lalu lintas saat pekerjaan proyek berjalan bisa menurun.

“ Pastinya masih terdapat proses pekerjaan yang mesti dilakukan di Jalan Tol Jakarta- Cikampek semacam adanya antrean truk mixer ketika pengecoran slab dilaksanakan, atau saat loading material. Tetapi ini merupakan pekerjaan-pekerjaan minor, serta nyatanya pekerjaan dilakukan dengan cara _spot by spot. _ Dengan ini kita berkeinginan, kemampuan rekayasa lalu lintas yang dilakukan saat window time proyek berjalan bisa diminimalisir,” tambahnya.

Berada tepat di beberapa ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, proyek Jalan Tol Layang Jakarta- Cikampek II (Elevated) membentang dari Ruas Cikunir sampai Karawang Barat (Sta 9+500 s. d. Sta 47+500).

Jalan Tol Jakarta- Cikampek II (Elevated) ialah jalur alternatif untuk pemakai jalan tol yang hendak mengarah ke Cikampek ataupun Bandung. Jalan tol ini juga bisa mendukung distribusi arus barang dan jasa, baik yang mengarah ataupun keluar Jakarta dari Jawa Barat serta berlanjut dari ataupun ke Jawa Tengah sampai Jawa Timur.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia