Alumni Politeknik Lhokseumawe Jangan Sekadar Ingin Jadi PNS

Ketua Penting PT Takabeya Perkasa Group, H. Mukhlis, A. Md, Jumat ( 23/ 10/ 2020) berkata alumni Politeknik Lhokseumawe wajib memiliki keinginan jadi pelakon dunia usaha. Mimpi jadi PNS, merupakan impian sangat kecil untuk lulusan akademi besar vokasi itu.

Perihal itu di informasikan olehnya pada Forum Dialog Online Partisipasi Iduka Dalam Usaha Pengembangan PNL, yang diselenggarakan oleh Politeknik Lhokseumawe dengan cara virtual di zoom meeting.

Pada kesempatan itu, Mukhlis yang didapuk sebagai pembicara kedua, mengatakan industri baik skala sedang maupun besar, harus menjadi tujuan alumni. Selama ini banyak lulusan Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) yang terserap ke dalam berbagai industri besar di berbagai penjuru negeri, termasuk di luar negeri.

Dirinya sendiri, setelah lulus kuliah memilih fokus mengembangkan ilmunya di bidang rancang bangun jembatan, bendungan dan jalan. Dari awalnya bergabung dengan perusahaan jasa kontruksi yang sudah besar di Bireuen, hingga akhirnya mampu membangun PT Takabeya dengan berbagai anak perusahaannya yang telah berkibar hingga ke tingkat nasional.

Pada kesempatan itu dia juga membagikan pengalaman kerja di berbagai proyek besar. Termasuk mengapa dia memilih nama Takabeya sebagai nama perusahaannya.

“Awalnya saya membangun CV Takabeya Perkasa. Di perjalanan waktu saya ubah menjadi PT Takabeya Perkasa Group, dengan 10 anak perusahaan di bawahnya. Semua diawali dari komitmen dan target yang jelas,” ujar Mukhlis.

Sebagai alumni, Mukhlis juga membuka Takabeya sebagai rumah bersama bagi mahasiswa dan lulusan PNL. Dia memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk PKL.

Sebagai pengusaha yang sudah merasakan pahit manis hidup, Mukhlis memberikan nilai plus bagi mahasiswa PKL di tempatnya. Seperti memberikan makan siang, serta memberikan uang saku ketika selesai PKL. “Dulu saya tidak dapat hal-hal seperti itu. Pengalaman pahit itu tidak perlu saya balas. Cukup saya yang rasakan. Biarlah adik-adik saya merasakan bahwa mereka punya abang leting,” kata Mukhlis.

Harapan Mukhlis, ke depan harus ada ikatan antara alumni yang sudah berhasil membangun usaha dengan kampus, agar bisa lebih fokus menyerap lulusan baru (fresh graduate) ke dunia usaha yang sudah didirikan oleh para lulusan.

Kegiatan dialog itu pula memperkenalkan H. Fahtani, Ketua Penting PT Ima Montaz Sejahtera. Pengusaha air minum bungkusan itu juga alumni PNL. Dan Tajuddin Nur, Dirut PT Kana Insani Mitra, yang pula Pimpinan Biasa Jalinan Keluarga Alumni PNL.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia.