Tinjauan Manajemen Versi ISO 9001:2015

Tinjauan Manajemen Versi ISO 9001:2015

Tinjauan manajemen merupakan suatu proses untuk kaji ulang sistem manajemen mutu. Sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 menyebutkan bahwa pimpinan puncak harus meninjau sistem manajemen mutu organisasi pada selang waktu terencana untuk memastikan kesesuaian, kecukupan dan efektifitasnya terus berlanjut. Hal ini dilakukan dalam bentuk Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), dimana harus mencakup penilaian peluang koreksi dan keperluan akan perubahan pada sistem manajemen mutu, termasuk kebijakan mutu dan sasaran mutu.

Kegiatan ini wajib dilakukan seluruh jajaran manajemen dalam rangka memenuhi persyaratan standar ISO 9001.  Biasanya kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk rapat yang dihadiri oleh semua jajaran penting perusahaan termasuk direktur. Itu sebabnya tinjauan manajemen biasa dinamakan RTM atau Rapat Tinjauan Manajemen. Pelaksanaan rapat  minimal satu kali dalam satu tahun.

Keluaran Tinjauan Manajemen Harus Mencakup keputusan dan Tindakan Yang Berhubungan Dengan:

a) peluang untuk perbaikan;

b) kebutuhan perubahan sistem manajemen mutu;

c) sumber daya yang diperlukan.

Organisasi harus menyimpan informasi terdokumentasi sebagai bukti hasil tinjauan manajemen.

Maksud dan tujuan persyaratan di atas adalah menjamin bahwa kegiatan tinjauan manajemen memberikan informasi yang cukup tentang kinerja dan efektivitas sistem manajemen mutu organisasi. Berbekal informasi ini organisasi dapat mengambil keputusan yang diperlukan.

Hasil dari kegiatan tinjauan manajemen hendaknya mencakup keputusan-keputusan yang berhubungan dengan peluang-peluang perbaikan (lihat ISO 9001:2015, klausul 10.1), menajemen perubahan sistem manajemen mutu (lihat ISO 9001:2015, klausul 6.3) dan kebutuhan sumber daya (lihat ISO 9001:2015, klausul 7.1).

Hasil dari tinjauan management menjadi masukan (input) bagi tinjauan manahemen yang berikut. Hasil tinjauan manajemen harus dimonitor. Akan lebih baik bila ditetapkan jangka waktu perbaikan hasil tinjauan manajemen.Bukti hasil tinjauan manajemen harus tersedia, Buktu hasil tinjauan manajemen bisa berupa:

  • Presentasi
  • Notulen rapat
  • Laporan

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSm Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia