Sertifikasi ISO Kontraktor

Sertifikasi ISO Kontraktor

Untuk memenuhi standar kompetensi, terhitung sejak awal Januari 2006, kontraktor kelas menengah yang akan mengerjakan proyek dengan kisaran nilai Rp 1 miliar hingga 3 miliar diwajibkan memiliki Sertifikasi ISO.

sertifikasi iso kontraktorIni menjadi alasan dasar yang sangat kompeherensif bahwa Sertifikasi ISO Kontraktor tersebut angat penting bagi pelaku usaha di dunia Kontraktor

Jika kontraktor Indonesia tidak memiliki Sertifikasi ISO itu, ada kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan kontraktor tersebut. Pada saat mereka harus bersaing dengan kontraktor asing, kontraktor ini tidak akan dapat memenuhi persyaratan. Dipaksa atau tidak dipaksa kontraktor yang profesional pasti akan memiliki ISO. Kepemilikan Sertifikasi ISO tidak hanya menjadi suatu persyaratan untuk memproduksi, tetapi untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja mereka. (Sumber: Tempo)

Seiring dengan perkembangan global maka saat ini banyak sekali perusahaan kontraktor yang mengimplementasikan dan mendapatkan sertifikat ISO 9001, 14001 dan OHSAS 18001.

Beberapa alasan  mengapa kontraktor mengimplementasikan dan mensertifikasi perusahaan dengan standard internasional seperti ISO 9001, ISO 14001, dan OHSAS 18001.:

  1. Memberikan Pelayanan yang terbaik

dengan membuat standard sisitem manajemen terutama sistem manajemen mutu ISO 9001 tentu saja diharapkan bahwa pelayanan akan meningkat pesat sehingga sistem dalam organisasi akan berjalan efektif dan efisien.

  1. Efeisiensi dan efektifitas Pelayanan

Jasa yang diberikan kepada customer tentu saja yang terbaik, namun hal itu juga harus dibarengi dengan efisiensi dan efektifitas dalam segala hal, sisitem manajemen ISO 14001 dan OHSAS tentu saja dapat digunakan untuk memperoleh tujuan tersebut.

  1. Mengurangi kecelakaan Kerja

Dunia kontraktor tentu saja banyak sekali resiko dalam proses pekerjaan, dengan menerapkan sisitem manajemen keselamatan kerja yang baik, tentu saja resiko bahaya dan kecelakaan kerja bisa dihindari.

  1. Mengurangi dampak terhadap lingkungan

Banyak sekali proses yang berdampak terhadap lingkungan di dunia Kontraktor, menerapkan sisitem manajemen lingkungan tentu saja bisa digunakan untuk mengelola dan mengurangi aspek dampak lingkungan.

    5.Pengakuan Secara Internasional sistem manajemen di Perusahaan

Dengan sertifikasi ISO ini, maka sistem manajemen perusahaan sudah mendapatkan pengakuan oleh badan sertifikasi bahwa standard manajemen organisasi sudah sesuai dengan sistem manajemen yang diakui secara internasional.

  1. Membuka Peluang Pasar

banyak sekali organisasi yang mensyaratkan sertifikat ISO bagi suppliernya, dengan sertifikasi ISO ini tentu saja organisasi akan berpeluang mendapatkan market yang mensyaratkan Sertifikat ISO tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected n_n