Perubahan Kunci Dalam ISO 19011:2018

jasa sertifikasi iso 19011

Perubahan Kunci Dalam ISO 19011: 2018

ISO 19011 adalah standar internasional yang mengedepankan pedoman untuk audit sistem manajemen. Standar ini berlaku untuk berbagai pengguna, termasuk, antara lain, organisasi yang perlu melakukan audit sistem manajemen internal dan / atau eksternal dan mengelola program audit. Standar ini mencakup prinsip-prinsip audit dan menyediakan pendekatan yang lebih harmonis terhadap audit sistem manajemen dan panduan komprehensif tentang bagaimana melakukan audit sistem manajemen. Meskipun pedoman ini dimaksudkan untuk menjadi fleksibel, itu harus disesuaikan dengan ruang lingkup, kompleksitas dan skala program audit dan / atau organisasi yang diaudit.

Sementara ISO / IEC 17021-1 menetapkan persyaratan untuk badan yang menyediakan audit dan sertifikasi sistem manajemen, itu juga dapat memberikan panduan tambahan tentang bagaimana melakukan audit sistem manajemen. ISO 19011 pertama kali diterbitkan pada tahun 2002 dan digunakan sebagai pedoman untuk audit sistem manajemen mutu (ISO 9001) dan / atau lingkungan (ISO 14001). Jumlah standar sistem manajemen yang memiliki struktur umum dan definisi inti telah meningkat, bersama dengan kebutuhan untuk mempertimbangkan pendekatan yang lebih luas untuk audit sistem manajemen. Untuk mencerminkan struktur dan isi standar sistem manajemen yang baru, ISO 19011 telah diperbarui.

ISO 19011: 2018 – Perubahan Kunci Standar ISO 19011: 2018 telah mengalami sejumlah perubahan. Perubahan dalam versi baru penutup standar, antara lain, pembaruan dalam terminologi, penambahan prinsip ketujuh audit, perubahan kecil dalam klausul 5 hingga 7, klausa dan sub-klausa yang baru ditambahkan, serta penambahan jumlah bagian dalam Lampiran B (sekarang Lampiran A) dan penghapusan dari Lampiran A, yang sebelumnya dikenal. Perubahan terminologi: Bagian Persyaratan dan definisi dalam ISO 19011: 2018 telah direvisi. Revisi ini mencakup penyertaan istilah dan definisi yang paling penting dari ISO 9000: 2015 seperti: audit, tim audit, sistem manajemen, dan risiko. Istilah ‘dokumen dan catatan’ telah diganti dengan ‘informasi terdokumentasi’ dan ‘pemasok’ telah diganti dengan ‘penyedia eksternal’, di antara yang lainnya. Selain itu, istilah dan definisi baru telah dimasukkan dalam standar ISO 19011: 2018.

Perubahan dalam prinsip-prinsip audit: Versi 2018 standar telah menempatkan fokus yang ditingkatkan pada prinsip yang paling baru ditambahkan – pendekatan berbasis risiko – yang mempertimbangkan risiko dan peluang selama tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan audit. Untuk memastikan bahwa audit difokuskan pada hal-hal yang signifikan bagi klien audit, dan untuk mencapai tujuan program audit, risiko perlu dipertimbangkan dari desain program audit untuk masalah laporan audit. Penerapan pendekatan berbasis risiko dapat berfungsi sebagai alat untuk pencegahan risiko, dan optimalisasi efisiensi dan efektivitas proses audit dan hasilnya.

Prinsip ini telah terkait dengan struktur dokumen lainnya, khususnya Bagian 5 – Mengelola program audit, yang menunjukkan bahwa ketika mempersiapkan program audit, pertimbangan moderat harus diberikan kepada risiko dan peluang yang teridentifikasi, serta tindakan yang diambil untuk mengatasinya.

Perubahan Dalam Klausul ISO 19011: 2018

Klausul (5, 6, & 7) dalam ISO 19011: 2018 telah mengalami beberapa penyesuaian, meskipun dalam skala kecil. Standar telah mengalami pembaruan lain dan informasi tambahan dalam Bagian 7, dengan menekankan kompetensi auditor untuk memastikan kompetensi keseluruhan dari tim audit berkaitan dengan masing-masing audit individu. Selain itu, mulai sekarang pemimpin tim audit diharapkan memiliki kompetensi untuk membahas isu-isu strategis dengan manajemen puncak.

Lebih jauh lagi, versi baru dari standar telah memperkenalkan klausa berikut:

• Klausul 6.4.5 Ketersediaan dan akses informasi audit;

Perubahan dalam Lampiran ISO 19011: 2018:

Eksperimen annex penting karena bagian-bagian tambahan telah diwujudkan dalam Lampiran A, yang menempatkan pentingnya hasil kinerja, pendekatan proses, penilaian profesional, dampak organisasi atas tahapan produk dan / atau siklus hidup layanan, dan risiko pengauditan dan peluang. Penambahan lain dalam Lampiran A yang mungkin tidak lebih besar daripada yang lain, tetapi sama pentingnya, meliputi: audit rantai pasokan, kepemimpinan dan komitmen audit, audit kepatuhan dalam sistem manajemen dan penggunaan ICT dalam proses audit.

Mengikuti perubahan dalam versi baru, Lampiran A yang sebelumnya dikenal sebagai ‘Panduan dan contoh ilustratif pengetahuan dan keterampilan khusus disiplin auditor’ telah dicabut dari standar. Lampiran ini berisi contoh-contoh spesifik sektor tentang pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan audit pada jenis-jenis industri tertentu. Lampiran B yang sebelumnya dikenal sekarang menjadi Annex A.

Perubahan Utama Dalam Standar ISO 19011: 2018 Meliputi: 

• Ketentuan dan definisi yang diperbarui agar sejalan dengan definisi yang digunakan dalam standar lain; • Penambahan prinsip audit ke-7 – pendekatan berbasis risiko;

• Informasi tambahan tentang mengelola program audit, termasuk perencanaan audit, risiko program audit, melakukan audit, elaborasi persyaratan kompetensi umum untuk auditor;

• Perluasan Annex B (sekarang Lampiran A), termasuk bagian tambahan pada pendekatan proses, siklus hidup, penilaian profesional, risiko dan peluang audit, kepemimpinan audit dan penggunaan komitmen teknologi informasi dan komunikasi selama mengaudit aktivitas virtual; dan penghapusan mantan Lampiran A.

“Titik fokus dari versi baru dari standar adalah pertimbangan teknologi yang berkembang dan peningkatan fokus pada risiko.” Versi terbaru dari standar ini bertujuan untuk mengkonsolidasikan pedoman yang ada untuk membantu organisasi mengelola program audit yang sukses, memastikan perbaikan berkelanjutan dan memungkinkan pengauditan yang efektif di berbagai sistem.

Kami GSM Certification merupakan Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya, Kami siap membantu Perusahaan atau Organisasi Anda dalam menerbitkan Sertifikasi ISO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *