Pembangunan Jembatan Besi Sampangan Tak Selesai, Kontraktor Diputus Kontrak

Kontraktor proyek pembangunan Jembatan Besi Sampangan diputus kontak 23 Desember 2020. Tentang itu diungkapkan, Kepala Dinas Profesi Umum( DPU) Kota Semarang, Sih Rianung.

Rianung menerangkan, pemutusan kontrak dilakukan karena pihak kontraktor tidak bisa menyelesaikan sampai era kontrak habis. Sampai dikala ini progres pembangunan Jembatan Sampangan Terkini mencapai 91, 83%.

“Kegiatan harus selesai. Kami akan tangani biar fungsi dan manfaat Jembatan Besi Sampangan cepat terwujud. Kami optimalkan sumber daya yang ada, beberapa material sudah ada di lapangan,” katanya.

Rianung menegaskan, ada kewajiban yang harus dipenuhi oleh kontraktor sesuai perjanjian yakni harus membayar denda keterlambatan. Dia mencatat keterlambatan selama 23 hari. Jika dikalikan nilai konstruksi per mil, total denda keterlambatan sekitar Rp320 juta.

Adapun kekurangan pekerjaan sekitar 8,17%. Kekurangan pekerjaan Jembatan Besi Sampangan meliputi oprit dan line jembatan. Pihaknya membutuhkan waktu dua hingga tiga pekan menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut.

Sehingga nantinya jembatan tersebut dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat. “Kami menunggu umur beton dulu, kemudian akan kita lanjutkan. Alat mereka (kontraktor) masih disana. Nanti, saya minta segera bergeser.

Kami ganti dengan alat-alat PU untuk merapikan dan menyelesaikan,” imbuhnya. Ia memaparkan, pemutusan kontrak dan keterlambatan ini menjadi pembelajaran untuk Pemerintah Kota Semarang untuk memilih kontraktor yang profesional.

” saya melaksanakan pembangunan. Proses logistik kontraktor bukan di kami. Impian saya, tidak boleh asal rendah. Nilai rendah tetapi tidak menuntaskan, pasti masyarakat rugi. Saya juga merasa kurang puas kalau tidak selesai,” tandasnya.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia.