Manfaat Sertifikat ISO 45001

Sertifikat ISO 45001

Sertifikat ISO 45001, Perusahaan harus bertanggung jawab untuk memastikan untuk dapat meinimalisirkan, risiko dan bahaya yang mungkin akan terjasi terhadap aktivisnya, seperti pekerja, manajer kontraktor, atau pengunjungnya. Terutama mereka yang terlibat dalam organisasi perusahaan tersebut sebagai bagian dari pekerjaan mereka.

ISO sedang mengembangkan Sistem manajemen kesehatan, keselamatan, kerja, yang bertujuan agar perusahaan dapat mengelola K3 dan memperbaiki kinerjanya. Melakukan implementasi K3 kan menjadi suatu keputusan yang briiliant bagi sebuah peruusahaan karena akan mendukung inisiatif berkelanjutanya.

Setiap kegitan perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak dibidang kontruksi dapat menimbulkan risiko cidera atau kesehatan yang buruk, atau yang lebih parah lagi dapat menyebabkan kematian, oleh karena itu penggunaan K3 sangan penting bagi sebuah perusahaan untuk meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan. Pekerja atau kariyawan sangatlah penting untu dilibatkan dalam penglolaan K3 ini.

Pegertian ISO 45001

ISO 45001 adalah Standar Internasional yang menentukan persyaraan untuk sistem manajemen kesehata, keselamatan, kerja. Yang akan memungkinkan sebuah perusahaan memperbaiki kinerja K3 secara proaktifdalam mencegah kecelakaan kerja dan dampak buruk bagi kesahatan.

ISO 45001 diperuntukan untuk diditerapkan terhadap perusahaan manapun tanpa harus mengenal ukuran, jenis ataupun sifatnya. ISO 45001 membuat sebuah perusahaan dapat menerapkan sistem K3nya selaras dengan peraturan atau undang undang dan hokum yang berlaku dinegara tersebut. Sehingga memudahkan perusahaan mengontrol  atau memonitor segala peraturan yang harus mereka penuhi.

ISO 45001 tidak secara khusus mennangani masalah seperti keamanan produk, kerusaakan property atau dampak lingkungan yang dihasilkan oleh kinerja perusahaan tersebut, kecuali jika menimbulkan risiko bagi pekerjanya. ISO 45001 bukan sebagai dokumen yang mengikat secara hokum, namun sebagai alat bagi manajemen yang bertujuan untuk menghilangkan atau meminimalkan risiko bahaya.

Manfaat Penerapan ISO 45001

  • Perusahaan yang mengantongi sertifikat ISO 45001 termasuk didalam perusahaan dengan kategori bisnis elit dan diakui secara internasinal, ISO 45001 menempatkan perusahaan anda pada tingkat keunggulan yag diakui oleh perusahaa perusahaan diseluruh dunia
  • Memenuhi tuntutan pelanggan saat ini, ataupun calon pelanggan anda,
  • Peningkatan penerimaan oleh regulator, masyarakat, dan pihak pihak yang berkepentingan, dan menjadi perusahaan yang proaktif tentang kesehatan dan keselamatan kerja.
  • Menigkatkan kinerja bisnis dengan memperbaiki sistem kesehatan Keselamatan kerja, ISO 45001 yang dirancang dan diterapkan denga baik akan mengurangi kecelakaan ataupun cidera di tempat kerja, sserta peningkatan produktifitas
  • Mendapatkan platform lebih besar dari perusahaan asuransi, dikarenakan tingkat kecelakaan yang lebih kecil
  • Memungkinkan identifikasi bahaya dan risiko yang jauh lebih baik.
  • Mengikuti standar dan aturan Undang Undang yang berlaku dinegara tersebut
  • Meningkatkan efisiensi operasi internal, mengurangi accid, ents, bahaya downtime
  • Meningkatkan keamanan bagi setiap kariyawan

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikat ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSm Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia