Lelang RSUD Baru Diikuti 17 Kontraktor, Penawar Terendah Rp 21,6 Miliar

Lelang pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) baru di Kota Probolinggo, cukup menyita perhatian banyak kontraktor. Adanya ketentuan besaran deposit minimal Rp 1,3 miliar, tidak menyurutkan pelaku jasa konstruksi untuk mengikuti lelang pembangunannya.

Sampai batas akhir pendaftaran lelang pada Jumat (26/7), ada 17 perusahaan konstruksi yang dipastikan mengikuti lelang. Mereka berlomba untuk bisa menggarap proyek di Kelurahan Sumberwetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, itu.

“Semuanya berasal dari luar Kota Probolinggo, seperti Malang, Surabaya, ada juga yang dari Jawa Tengah,” ujar Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Probolinggo Gofur Effendy.

Dengan nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Rp 27.957.047.284,32,17, perusahaan yang mengikuti lelang mengajukan beragam nilai penawaran, seperti yang telah dicantumkan dalam Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Penawaran paling rendah Rp 21,6 miliar dan penawaran tertinggi mencapai Rp 27,9 miliar. “Meski ada Perwali yang mengatur besaran saldo rekening giro 5 persen dari nilai HPS, ternyata banyak yang menyanggupi ketentuan tersebut,” ujarnya.

Saat ini proses lelang konstruksi berada dalam tahapan evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis, dan harga. Dalam tahapan ini, Pokja akan mengevaluasi dokumen lelang yang disampaikan peserta.

“Ada tahap klarifikasi juga terhadap kualifikasi yang diajukan peserta lelang. Tahapan ini akan dilakukan sampai 9 Juli sampai didapatkan peserta lelang dengan kualifikasi terbaik. Setelah diumumkan, ada masa sanggah 5 hari. Jika dalam masa sanggah tidak ada sanggahan, bisa dilanjutkan ke Dinas PUPR-Perkim untuk proses berkaitan dengan kontrak. Kami di sini hanya melakukan seleksi,” jelasnya.

Selain lelang konstruksi RSUD baru, juga ada lelang Perencanaan Pembangunan RSUD baru. Proyek dengan nilai HPS Rp 4,6 miliar ini, sekarang masih tahap evaluasi dokumen kualifikasi. “Kalau detailnya ini yang lebih tahu Dinas PUPR-Perkim, tapi yang dilelang ini adalah jasa konsultasi, bukan konstruksi,” ujarnya.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia