Korupsi pembangunan jalan, KPK geledah paksa rumah kontraktor di Medan.

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi( KPK) geledah menuntut sebagian tempat di Kota Medan, Sumatera Utara. Aktif itu untuk mengakulasi bukti dugaan rasuah proyek pembangunan Jalan Lingkar Barat Jarum( multiyears) di Kabupaten Bengkalis, Riau, tahun anggaran 2013- 2015.

Sepuluh orang ditetapkan tersangka dalam kasus tersebut. Rinciannya, pejabat pembuat komitmen( PPK) M Nasir, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Tirtha Adhi Kazmi, dan kontraktor, Handoko Setiono, Melia Boentaran, I Ketut Surbawa, Petrus Edy Susanto, Didiet Hadianto, Firjan Taufa, Victor Sitorus dan Suryadi Halim alias Tando.

Adapun lokasi penggeledahan dilakukan di beberapa tempat di Kota Medan, di antaranya kantor dan rumah kontraktor pelaksana proyek yang terkait dengan perkara ini, yang terletak di daerah Medan Petisah, Kota Medan,” ucap Pelaksana tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK.

Dari hasil penggeledahan diperoleh sejumlah dokumen terkait perkara. Ali menyampaikan, tim penyidik akan menganalisis dan verifikasi atas termuat itu.

“Kemudian segera melakukan penyitaan sebagai barang bukti dalam perkara ini,” ujarnya.

Ada empat proyek yang diduga jadi objek korupsi para tersangka. Rinciannya, peningkatan Jalan Lingkar Bukit Batu–Siak Kecil dengan nilai kerugian Rp156 miliar dan peningkatan Jalan Lingkar Pulau Bengkalis terendus merugi Rp126 miliar.

Kemudian, pembangunan Jalan Lingkar Barat Duri di Kab. Bengkalis dengan kerugian ditaksir Rp152 miliyar serta proyek pembangunan Jalur Lingkar Timur Duri di Kab. Bengkalis yang diterka terdapat kerugian Rp41 miliyar.

Berdasarkan hasil perhitungan sementara 4 proyek tersebut, diprediksi mengakibatkan kerugian finansial negara sekitar Rp475 miliyar.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia.