Kejar Target Pembangunan Jembatan Selambai

Proyek pendukung program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kampung Selambai telah mencapai 60 persen. Kegiatan yang didanai oleh bank dunia ini telah berjalan sejak Maret lalu.

Namun, penyemenan yang dimulai pekan lalu pun mengalami kendala. Pihak kontraktor telah menyiasati agar pekerjaan dapat selesai pada Oktober nanti. Kepala Seksi Perumahan dan Kawasan Permukiman Bontang Rina Nurhayati menerangkan, pemasangan tiang pancang telah dimulai pada 16 Maret lalu telah rampung. Sehingga kini ke tahap lanjutan yakni penyemenan lantai jembatan.

“Sudah 60 persen progresnya,” ungkapnya, (7/6).

Pembangunan jembatan di Selambai, Loktuan, Bontang Utara sepanjang 385 meter dengan lebar sekitar 4 meter dengan target rampung 14 Oktober. Sementara, dia berharap tahap pengecoran tidak ada kendala, sehingga pekerjaan akan selesai tepat waktu. 

Dia menyatakan, pembangunan terus berlanjut dan tidak memiliki kendala sejauh ini. Sedangkan permasalahan wabah global tidak menghambat pekerjaannya. Dalam masa pandemi ini, penerapan protokol pencegahan corona juga diberlakukan di lingkungan kerja. Di mana para pekerja sebelum memulai aktivitasnya akan diperiksa lebih dulu. Seperti cek suhu dan tekanan darah. “Adanya larangan orang yang tidak berkepentingan untuk masuk ke dalam lokasi kerja,” katanya.

Terpisah, Civil Engineer atau pemimpin proyek Ririn Herdi Suyono menerangkan, pengecoran telah dimulai pada Selasa (5/5) lalu. Kendala penyemenan lantai akibat truk molen tidak dapat masuk dalam kawasan proyek. Sehingga perlu tambahan perantara yakni pongpit’s pump untuk mendistribusikan semen ke lokasi pengecoran.

Dia menyatakan, penyemenan akan dilakukan sebanyak 14 tahap. Setiap tahapnya akan dilakukan penyemenan dengan panjang 28 meter. “Kami sudah membuat rencana untuk ini. Semoga sebelum deadline, pekerjaan telah selesai,” tuturnya. Ririn menyatakan, akan ada empat tim dalam pengerjaan, sehingga dapat mendukung selesainya proyek. Katanya, dua kelompok mengerjakan awal. Dua kelompok mengerjakan 28 meter selanjutnya. “Jadi pengecoran bisa seminggu sekali,”

Diketahui, proyek Jembatan Selambai dimodali oleh bank dunia dengan anggaran awal Rp 20 miliar. Dari hasil lelang, pemenang tender adalah PT Berau Mandiri Indonesia dengan harga penawaran Rp 18,5 miliar.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia