ISO 19011: 2018 – Pedoman Untuk Audit Sistem Manajemen

Perbaikan standar skema manajemen ISO bukanlah suatu hal yang baru. Dimulai dengan publikasi revisi ISO 9001: 2015, pergantian yang dicoba untuk menyelaraskan bermacam standar skema manajemen ISO sepanjang beberapa tahun terakhir telah menjadi substansial. Banyak pergantian yang dibuat untuk standar skema manajemen ISO selaras dengan High Level StructurePedoman intiIstilah umum dan Definisi. Standar-standar ISO telah mengalami revisi yang menekankan pentingnya manajemen risiko dan keterlibatan Top-Management. Karena penyesuaian yang tersebar luas ini, panduan ISO 19011: 2018 membutuhkan revisi yang merinci tentang audit sistem manajemen.

Standar sistem manajemen ISO sering menjadi patokan untuk suatu detail sistem, akan tetapi panduan lebih lanjut bisa sangat membantu. Audit dapat memberikan pandangan objektif pada proses sistem manajemen organisasi, yang mengarah ke hasil yang dapat memberikan masukan dalam analisis dan membantu mengidentifikasi area untuk perbaikan. Dikarenakan perlunya mempertimbangkan pendekatan yang lebih luas untuk audit sistem manajemen dalam menanggapi berbagai pembaruan terhadap banyak standar sistem manajemen ISO, ISO 19011: 2018 direvisi dengan penambahan pendekatan berbasis risiko untuk prinsip-prinsip audit.

Perubahan pada ISO 19011: 2018

  • Panduan untuk mengelola program audit telah diperluas, khususnya pada risiko program audit.
  • Panduan untuk melakukan audit telah diperluas, khususnya bagian tentang perencanaan audit.
  • Persyaratan kompetensi umum untuk auditor telah diperluas.
  • Terminologi telah disesuaikan untuk mencerminkan proses dan bukan objek.
  • Lampiran informatif tentang “Panduan dan contoh ilustratif pengetahuan dan keterampilan spesifik disiplin auditor” (Lampiran A dalam ISO 19011: 2011) telah dihapus.
  • Lampiran A, “Panduan tambahan untuk perencanaan auditor dan pelaksanaan audit” (Lampiran B dalam ISO 19011: 2011), telah diperluas untuk memberikan panduan tentang konsep audit seperti konteks organisasi, kepemimpinan dan komitmen, audit virtual, kepatuhan, dan rantai pasokan.

Audit dapat bersifat internal (pihak pertama), yang dilakukan oleh fasilitator eksternal serta pihak berkepentingan yang lain( pihak kedua), ataupun untuk sertifikasi atau oleh badan pengawas( pihak ketiga). ISO 19011: 2018 berlaku untuk seluruh organisasi yang butuh merencanakan serta melaksanakan audit internal atau eksternal ataupun skema manajemen atau mengatur program audit. Lebih lanjut, ISO 19011: 2018, seperti pendahulunya, berlaku untuk organisasi dari seluruh jenis serta ukuran dan audit dari bermacam jangkauan dan skala.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia