Insurtech Qoala Perkuat Sistem Keamanan IT

Perusahaan insurance technology Qoala meningkatkan sistem keamanan dengan mengembangkan infrastruktur teknologi informasi. Perusahaan menyebut hal ini dilakukan untuk menjaga data pribadi pelanggan.

“Database kami dienskripsi dan di-backup secara reguler. Akses ke data pribadi dikontrol secara selektif dan data-data yang sifatnya sensitif sangat dirahasiakan. Bahkan, apabila customer ingin mengubah data yang sifatnya sensitif, harus lewat autentikasi kode one-time password atau OTP,” ungkap Chief Technology Officer (CTO) Qoala, Martin Hong dalam keterangan resminya, Senin (1/2/2021).

Martin menyatakan, bahkan tim internal Qoala tidak mempunyai otorisasi untuk mengakses password, semua disimpan menggunakan teknik hashing. Sebagai peningkatan pelayanan, penerapan fitur keamanan yang lebih canggih untuk melindungi sistem, akun dan data customer sangat penting. Saat ini, sambung dia, Qoala tengah dalam proses mendapatkan sertifikasi berstandar internasional ISO 27001.

“ISO dipilih karena merupakan sistem sertifikasi keamanan informasi yang mudah dikembangkan secara berkala, termasuk jika ke depannya dibutuhkan sertifikasi keamanan yang lebih spesifik,” papar pria lulusan Imperial College London, Inggris, ini.

“Jangan pernah membagikan OTP kepada siapapun. Ganti password secara berkala dan upayakan tidak menggunakan password yang sama di berbagai situs atau aplikasi. Tentunya, password harus beda dan unik,” pungkas Martin.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia