Gapensi Kota Malang Minta Pemda Segera Tender Proyek

Badan Pengurus Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Malang mendesak pemda setempat untuk segera menender proyek, terutama proyek kualifikasi kecil.

Ketua BPS Gapensi Kota Malang Iqbal Ifrizal mengatakan dari 150 kontraktor yang terdaftar dalam asosiasi tersebut, sebagian besar berkualifikasi kontraktor kecil. Hanya 3-4 kontraktor yang berkualifikasi besar, dan 10 kontraktor berkualifikasi menengah.

“Kontraktor kecil yang paling berharap segera dilakukan tender karena nilai proyek konstuksi di Kota Malang kebanyakan untuk kontraktor kualifikasi kecil,” ujarnya di Malang, Kamis (18/6/2020).

Sampai sekarang belum ada pengumuman tender dari Pemkot Malang terkait proyek konstruksi. Karena, Pemkot Malang mengkonsentrasikan dananya ke penanganan Covid-19.

Baik dana yang bersumber dari DAU, DAK, maupun PAD banyak yang dialirkan ke penanganan Covid-19. “Itu informasi yang kami peroleh saat menanyakan ke Pemkot Malang,” ujarnya.

Sebagian badan usaha, kontraktor banyak mengeluarkan biaya, seperti memenuhi kewajibannya ke perbankan maupun membayar pekerjanya.

Meski Pemkot Malang berkonsentrasi pada penanganan Covid-19, tender proyek-proyek pemda tetap berjalan. Terutama proyek konstruksi untuk kontraktor yang berkualifikasi kecil.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia