Calon Pengurus LPJK Dorong Kontraktor Gunakan Teknologi 4.0

Komisi V DPR RI mengadakan bugat and proper test ataupun percobaan kelayakan serta kepantasan calon pengasuh Badan Pengembangan Pelayanan Konsrtuksi( LPJK) di Bangunan DPR RI.

Salah seseorang peserta, Arie Setiadi Moerwanto, dalam paparannya berkata, dikala ini sedang ada penyedia jasa konstruksi yang belum dapat menjangkau teknologi 4. 0.

Fakta ini menyebabkan ketidakseimbangan persaingan di antara para penyedia jasa konstruksi yang beroperasi di Indonesia. “Supaya tercipta kompetisi yang fair, semua penyedia jasa konstruksi mesti melakukan penyesuaian dalam menggunakan teknologi tersebut,” kata Arie.

Arie yang juga Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) periode 2016-2018 ini menjamin, jika terpilih menjadi pengurus LPJK, dia akan membuat satu sistem berbasis teknologi 4.0.

Tujuannya, untuk mendorong agar penyedia jasa konstruksi terbiasa dengan sistem teknologi 4.0. “Jadi kita harus buat satu sistem sehingga semuanya bisa belajar ke sana, karena kalau tidak, jarak antara yang bisa memanfaatkan teknologi dan tidak bisa menjadi lebar,” jelasnya.

 Melalui pemanfaatan teknologi secara maksimal maka akan semakin mempermudah kerja-kerja konstruksi di Indonesia. Tak hanya itu, teknologi juga dapat menciptakan sejumlah efisiensi dalam pekerjaan konstruksi. “Kita tidak bisa menolak dan bahkan harus mengikuti teknologi industri 4.0 karena ini memberikan sisi positif, efisiensi, dan efektivitas,” imbuh Arie.

Jasa konstruksi Indonesia yang dibekali dengan kemampuan teknologi 4.0 dapat memanfaatkan peluang tersebut sebagai modal untuk mengerjakan proyek-proyek konstruksi di negara-negara yang tidak terlalu fokus mengembangkan industri konstruksi. Menanggapi hal itu, Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai PDI Perjuangan Sadarestuwati mengapresiasi gagasan dan ide yang disampaikan Arie tersebut. 

Restu meminta Arie, apabila tersaring bagaikan pengasuh LPJK, tidak separuh batin dalam usaha meningkatkan jasa konstruksi di Tanah Air.

LPJK harus sanggup mengakomodasi temuan- temuan terkini dikala ini yang amat diperlukan di bumi konstruksi.Jika dapat LPJK ke depan itu dapat serta sanggup mengakomodasi temuan- temuan terkini yang diperlukan di bumi konstruksi,” tutur Berkat. LPJK pula wajib sanggup mengalami tantangan kebencanaan, misalnya membuat konstruksi yang kuat kepada guncangan serta serupanya.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia.