2 Kontraktor Proyek Jalan di Bengkalis Ditahan KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi( KPK) menahan 2 tersangka kontraktor proyek kenaikan jalur di Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2013- 2015. Keduanya yakni Handoko Setiono( HS) dan Melia Boentaran( MB).

Hari ini kami akan menyampaikan Informasi terkait dengan penahanan tersangka HS, komisaris; dan MB, Direktur PT Arta Niaga Nusantara( ANN),” kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK.

 
Menurut dia, penahanan dilakukan untuk kepentingan penyidikan. Penahanan terhadap kedua tersangka dilakukan masing-masing selama 20 hari, terhitung sejak Jumat ini hingga 24 Februari 2021.

Tempat penahanan keduanya berbeda. Handoko dikurung di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Jakarta Timur cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur, Jakarta Selatan, sedangkan Melia di Rutan Kelas I Jakarta Timur cabang KPK di Gedung Merah Putih. 
 
“Sebagai upaya untuk tetap mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan Rutan KPK, maka para tersangka akan terlebih dahulu dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari di Rutan KPK Kavling C1,” ungkap Lili.
 
Lili menuturkan Handoko dan Melia menjadi tersangka per Januari 2020. Keduanya diduga menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan, atau sarana dari jabatannya yang dapat merugikan keuangan atau perekonomian negara dalam proyek peningkatan jalan di Kabupaten Bengkalis tahun anggaran 2013-2015.
 
Dalam permasalahan ini, KPK sudah menetapkan 10 tersangka. Sebanyak delapan tersangka lainnya yakni Pejabat Pembuat Komitmen( PPK) M Nasir, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan( PPTK) Tirtha Adhi Kazmi, dan 6 orang kontraktor: I Ketut Surbawa, Petrus Edy Susanto, Didiet Hadianto, Firjan Taufa, Victor Sitorus, dan Suryadi Halim alias Tando.
 
Para tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSM Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia.