Yang Akan Diminta Auditor ISO 14001 Selama Sertifikasi

ISO 14001

Anda mungkin telah mempertimbangkan aspek lingkungan Anda, bersama dengan undang-undang regional dan bagaimana Anda menerapkannya. Anda juga akan menetapkan tujuan dan melihat sumber daya, pelatihan, dan tanggung jawab. Agar siap untuk audit, Anda harus mematuhi, dan dalam banyak kasus memberikan bukti kesesuaian Anda dengan masing-masing klausul standar 14001, bekerja dengan hati-hati melalui setiap bagian. Secara teknis, Anda mungkin merasa Anda siap, tetapi Anda memiliki perasaan bahwa pasti ada sesuatu yang Anda lupakan. Jadi, pertanyaan apa yang sebenarnya auditor tanyakan kepada Anda? Dan apakah Anda siap untuk mereka(auditor)?

Mempersiapkan Pertanyaan Oleh Auditor

Sebagian besar standar ISO 14001, seperti semua keluarga standar ISO, sangat spesifik dan tepat. Secara umum, standar memberi tahu Anda apa yang harus Anda patuhi, tetapi dalam beberapa pertanyaan yang paling jitu akan ditanyakan oleh auditor sendiri. Pembicaraan standar tentang “komitmen manajemen puncak untuk mematuhi undang-undang dan persyaratan lainnya, untuk mencegah polusi.” Auditor hampir pasti akan bertanya apa goals perusahaan ingin mendapat sertifikasi. Semoga organisasi Anda menginginkan ISO 14001 untuk melindungi lingkungan untuk generasi mendatang, meningkatkan kinerja lingkungan rantai pasokan, dan membantu memuaskan pelanggan di cara yang paling efisien secara lingkungan, bukan hanya mencari sertifikasi sebagai akibat tekanan oleh pelanggan atau perusahaan tidak dapat memasuki proses tender tanpa ISO 14001. Maka itu bukan apa yang ingin didengar auditor.

Standar ISO 14001: 2015 yang akan datang akan memberikan penekanan ekstra pada komitmen manajemen puncak untuk EMS dan kemampuannya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Mampu menunjukkan bukti Tinjauan Manajemen Anda dan output dan langkah-langkah perbaikannya akan diperlukan, tetapi sangat tidak mungkin ini akan cukup untuk auditor yang baik – ia akan ingin berbicara dengan tim manajemen Anda.

Tim senior Anda perlu mengilustrasikan bahwa mereka memiliki informasi yang baik, memiliki strategi untuk EMS, dan siap untuk menunjukkan komitmen untuk memastikan manajemen risiko dan tindakan korektif yang benar dilakukan, dengan demikian memastikan bahwa perbaikan berkesinambungan dapat dicapai. Ini untuk diingat bahwa audit sertifikasi ISO 14001 Anda bukan hanya latihan kertas, tetapi Anda akan dinilai berdasarkan apa yang Anda katakan dan pengetahuan yang Anda tunjukkan.

Jangka Pendek dan Jangka Panjang, Itulah Pertanyaannya

Di masa lalu, auditor ISO 14001 terutama tertarik pada bagaimana Anda menangani masalah internal – bagaimana Anda mengurangi jejak karbon, tagihan listrik, dan dampak lingkungan terkait. Seiring waktu telah berubah, auditor sama-sama tertarik pada dampak yang lebih luas terhadap lingkungan kinerja dan produk Anda. Jika Anda dapat memberikan bukti bahwa produk Anda berusaha mengurangi dampak lingkungan bila dibandingkan dengan pesaingnya di kelas atau kategori yang sama, maka Anda memiliki “titik penjualan” utama dengan auditor Anda serta pelanggan Anda.

Mampu menunjukkan bahwa penjualan produk Anda yang efisien dapat memberikan efek lingkungan yang nyata ke pasar adalah manfaat nyata dari pengadministrasian perusahaan EMS secara efisien. Membuktikan hal ini kepada auditor akan menciptakan kesan positif bahwa organisasi Anda bekerja untuk membawa rentang produk yang positif bagi lingkungan kepada konsumen, untuk manfaat yang berkelanjutan dari pasar dan lingkungan.

Perbuatan, Tindakan, dan Pertanyaan

Singkatnya, untuk membuktikan kepada auditor bahwa organisasi Anda dapat lulus audit sertifikasi ISO 14001, Anda harus melakukan dua hal.

1.      Perusahaan harus membuktikan bahwa Anda mematuhi setiap klausa dan titik penting dari standar.

2.      Perusahaan  harus menunjukkan bahwa seluruh karyawan mengerti bagaimana cara menerapkan nya.

Seperti biasa, jangan memanfaatkan apa pun demi kepentingan auditor, tetapi jujur ​​dan jujur, jawablah pertanyaan sebaik mungkin. Jika Anda tidak tahu jawabannya, katakan padanya anda akan tahu. Namun, tunjukkan sikap positif, miliki beberapa materi hebat, dan concern bahwa Anda ingin menunjukkan dampak lingkungan positif yang dimiliki organisasi dan produk Anda

GSM Certification salah satu Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya di Indonesia, Sudah banyak membantu perusahaan (Kontraktor, Manufaktur, General Services Provider, Pemerintah dan Non Pemerintah, etc) dalam proses Sertifikasi ISO. GSm Certification juga sudah banyak bekerjasama dengan Asosiasi Kontraktor di Indonesia