Rukan Inerbang Raya No.3 Batu Ampar jakarta Timur
021 2281 9466
0877 8670 9439
0822 9867 8232
Available WhatsApp

Sertifikasi ISO 9001 – Macamnya

Sertifikasi ISO 9001

Sertifikasi ISO 9001 adalah istilah umum yang digunakan untuk dua hal utama: sertifikasi pengetahuan individu dan sertifikasi sistem manajemen mutu perusahaan. Apa itu sertifikasi ISO 9001, Anda mungkin bertanya?

Bersertifikat Individu

Sertifikasi ISo 9001 individuSertifikasi ISO 9001 untuk perorangan diperlukan untuk menyediakan informasi, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menggunakan ISO 9001 untuk menciptakan dan memelihara Sistem Manajemen Mutu (sering disebut QMS) untuk sebuah perusahaan. Sertifikasi individu ini juga memungkinkan orang-orang yang terlibat untuk mengembangkan dan memajukan karir dalam audit sistem manajemen mutu dengan membuktikan kemampuan mereka bagi atasan potensial. Ada banyak kursus yang tersedia, termasuk kursus dua hari tentang bagaimana menerapkan kursus Auditor Internal ISO 9001, ISO 9001 yang dua sampai tiga hari, dan bahkan pelatihan Lead Auditor ISO 9001, yang biasanya dalam format lima hari dan mencakup uji. Kursus auditor utama hanya dapat disampaikan oleh perusahaan yang telah disertifikasi untuk dapat menyajikan pelatihan auditor ISO 9001. Peserta hanya dapat mencapai sertifikasi sebagai ISO 9001 Lead Auditor jika kursus yang mereka ambil disertifikasi sebagai kursus yang dapat diterima. Setelah itu, dimungkinkan untuk dipekerjakan oleh lembaga sertifikasi (dijelaskan di bawah) untuk mengaudit Sistem Manajemen Mutu perusahaan terhadap standar ISO 9001.

Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu

Proses sertifikasi ISO 9001 untuk perusahaan dimulai dengan keputusan untuk menggunakan ISO 9001 sebagai dasar untuk SMM. Setelah ini, perusahaan akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk membuat dan mendokumentasikan sistem mereka dengan memanfaatkan persyaratan ISO 9001 sebagai pedoman untuk apa yang perlu dilakukan. Implementasinya selesai setelah perusahaan mempertahankan sistem untuk jangka waktu lama, dan kemudian melakukan audit internal dan setidaknya satu review manajemen terhadap sistem tersebut. Setelah ini, auditor bersertifikat dari lembaga sertifikasi akan menilai sistem terhadap persyaratan ISO 9001, dan jika dianggap memenuhi standar, sertifikat ISO 9001 akan diterbitkan yang menunjukkan bahwa perusahaan dapat diterima untuk memenuhi standar. Perusahaan ini kemudian dianggap bersertifikat ISO 9001.

Siklus Menjaga Sertifikasi ISO 9001 untuk Perusahaan

Persyaratan sertifikasi ISO 9001 menuntut agar QMS dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga sertifikasi ISO 9001 bukan hanya satu kali saja. Kesepakatan dengan lembaga sertifikasi berlanjut setelah audit awal (audit sertifikasi), dan mereka juga terus melakukan audit rutin terhadap sistem (disebut audit pengawasan atau pemeliharaan). Hal ini dilakukan pada siklus tiga tahun, di mana audit sertifikasi awal melihat keseluruhan keseluruhan SMM ISO 9001, dan audit pemeliharaan dua tahun berikutnya hanya melihat sebagian sistem. Audit pemeliharaan dapat terjadi satu kali, dua kali atau lebih per tahun sesuai kesepakatan antara perusahaan dan lembaga sertifikasi; Namun, minimum adalah setahun sekali selama periode dimana sertifikat tersebut berlaku. Pada akhir tiga tahun, siklus akan dimulai lagi jika perusahaan memilih untuk mempertahankan sertifikasi ISO 9001 dan manfaat yang diberikannya. Kemudian, sebuah audit rekertifikasi yang mengulas keseluruhan sistem akan dilakukan.

 

GSM Certification Merupakan Badan Sertifikasi ISO Terpecaya di Indonesia. Membantu perusahaan Anda dalam kepengurusan Sertifikat ISO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected n_n