Sertifikasi ISO 45001

Sertifikasi ISO 45001 – Pembaharuan

Publikasi standar sudah di lakukan pada Q1 2018. Setelah ISO 45001 secara resmi dirilis, OHSAS 18001 akan ditarik dan organisasi yang saat ini disertifikasi OHSAS 18001 akan memiliki periode tiga tahun untuk bermigrasi ke ISO 45001.

Apa itu Sertifikasi ISO 45001 ?

Sertifikasi ISO 45001ISO 45001, sistem manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja (OH & S) akan menjadi standar internasional OH & S pertama di dunia. Ini akan membantu ribuan organisasi untuk menyediakan tempat kerja yang aman dan sehat bagi pekerja mereka dan orang lain, mencegah kematian, cedera terkait pekerjaan dan kesehatan yang buruk, dan untuk terus meningkatkan kinerja OH & S mereka. Dengan organisasi standar baru akan lebih siap untuk meningkatkan ketahanan mereka dengan mengantisipasi, beradaptasi dan menanggapi risiko sehingga mereka dapat bertahan hidup dan sejahtera.

Untuk Siapa ini ?

Sertifikasi ISO 45001 ditujukan untuk digunakan oleh organisasi mana pun, terlepas dari ukuran atau sifat pekerjaannya, dan dapat diintegrasikan ke dalam program kesehatan dan keselamatan lainnya seperti kesehatan dan kesejahteraan pekerja. ISO 45001 dapat membantu organisasi untuk memenuhi persyaratan hukumnya.

Manfaat Sertifikasi ISO 45001

  • ISO 45001 membawa manajemen kesehatan dan keselamatan kerja dan peningkatan berkelanjutan ke jantung organisasi
  • Mengurangi cedera terkait pekerjaan, kesehatan yang buruk dan kematian
  • Hilangkan atau minimalkan risiko K3
  • Tingkatkan kinerja dan keefektifan K3
  • Tunjukkan tanggung jawab perusahaan dan memenuhi persyaratan rantai pasokan
  • Lindungi reputasi Brand
  • Memotivasi dan melibatkan staf dalam konsultasi dan partisipasi

Siapa Pengguna Standard yang Dimaksud ?

Jawaban sederhananya adalah semua organisasi. Selama organisasi Anda memiliki orang-orang yang bekerja atas namanya, atau yang mungkin terpengaruh oleh kegiatannya, kemudian menggunakan pendekatan sistematis untuk mengelola kesehatan dan keselamatan akan membawa manfaat baginya. Standar ini dapat digunakan oleh operasi kecil berisiko rendah sama baiknya dengan risiko tinggi dan organisasi kompleks besar. Sementara standar mensyaratkan bahwa risiko K3 ditangani dan dikendalikan, itu juga mengambil pendekatan berbasis risiko untuk sistem manajemen K3 itu sendiri, untuk memastikan a) bahwa itu efektif dan b) ditingkatkan untuk memenuhi “konteks” organisasi yang selalu berubah. Pendekatan berbasis risiko ini konsisten dengan cara organisasi mengelola risiko “bisnis” mereka yang lain dan karenanya mendorong integrasi persyaratan standar ke dalam proses manajemen keseluruhan organisasi.

Bagaimana ISO 45001 Berhubungan dengan Standar Lain ?

ISO 45001 mengikuti pendekatan struktur tingkat tinggi yang diterapkan pada standar sistem manajemen ISO lainnya, seperti ISO 9001 (kualitas) dan ISO 14001 (lingkungan). Dalam mengembangkan standar, pertimbangan telah diberikan kepada isi standar internasional lainnya (seperti OHSAS 18001 atau “Panduan ILO –OSH” Organisasi Perburuhan Internasional) dan standar nasional, serta standar dan konvensi ILO International Labor (ILSs) ).

Mereka yang mengadopsi standar, begitu sudah diterbitkan, harus menemukan persyaratannya konsisten dengan standar lain. Ini akan memungkinkan migrasi yang relatif mudah dari menggunakan standar sistem manajemen K3 yang sudah ada untuk menggunakan ISO 45001, dan juga akan memungkinkan penyelarasan dan integrasi dengan persyaratan standar sistem manajemen ISO lainnya ke dalam keseluruhan proses manajemen organisasi mereka.

GSM Certification merupakan Badan Sertifikasi ISO Terpercaya, Membantu Perusahaan Anda dalam Penerapan dan Sertifikasi ISO 45001

error: Content is protected n_n