Sertifikasi ISO 22000

Sertifikasi SO 22000

Sertifikasi ISO 22000 dan Food Safety System Certification (FSSC) 22000 adalah Skema Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Makanan yang memberikan jaminan kepada pelanggan Anda bahwa Anda telah menerapkan rencana dan sistem manajemen keamanan pangan yang efektif ?

Berkembang pesat dalam popularitas, dan semakin banyak pengecer besar dan produsen mengharapkan pelanggan mereka untuk mencapai sertifikasi untuk membantu mencegah penyakit dan mahal, merusak penarikan produk.

Apa itu Sertifikasi ISO 22000 ?

Memiliki sistem standar untuk memastikan integritas dan keamanan setiap mata rantai dalam rantai makanan menjadi penting untuk memastikan perlindungan konsumen. Ada banyak set standar yang berbeda secara global, yang menyebabkan kebingungan bagi produsen dan konsumen. Dua organisasi di seluruh dunia telah menetapkan untuk menstandardisasi sistem, dan untuk mencapai pengakuan global terhadap sistem standar.

Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) mengembangkan Sistem Manajemen Keamanan Pangan, ISO 22000. Standar ini berlaku untuk setiap perusahaan dalam industri makanan, dari petani, produsen dan pengangkut ke pengepakan dan pengecer. Sertifikasi ISO 22000 diakui di seluruh dunia, dan semakin populer. Jumlah sertifikasi meningkat dua kali lipat pada tahun lalu.

Global Food Safety Initiative (GFSI) adalah divisi dari Forum Barang Konsumen dan kolaborasi pengecer, produsen dan perusahaan jasa makanan yang telah bekerja pada harmonisasi standar keamanan pangan. GFSI menandaskan berbagai standar keamanan pangan terhadap seperangkat kriteria dasar. Standar yang memenuhi kriteria diakui. Banyak peritel dan pabrikan besar meminta pemasok mereka untuk mendaftar ke skema yang diakui GFSI. Salah satu standar standar adalah FSSC 22000.

Sertifikasi Sistem Keamanan Makanan (FSSC) 22000 adalah skema sertifikasi ISO 22000 dan PAS 220 untuk produsen makanan. Ini mencakup persyaratan untuk Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang ditemukan dalam ISO 22000 dan persyaratan untuk Program Prasyarat yang ditemukan dalam Standar Umum yang Tersedia (PAS) 220. Persyaratan PAS 220 juga telah diterbitkan dalam ISO Technical Specification ISO / TS 22002- 1: 2009.

ISO dan FSSC memiliki persyaratan sistem manajemen keamanan pangan yang sama. Mereka berbeda dalam cara mereka mendefinisikan persyaratan PRP:

ISO 22000 mensyaratkan PRP, yang sesuai untuk organisasi dan produk, diimplementasikan untuk mengendalikan kemungkinan memperkenalkan bahaya. Standar ini tidak menentukan PRP yang diperlukan dan rincian PRP, tetapi meminta organisasi untuk mempertimbangkan dan menggunakan informasi yang tepat (persyaratan undang-undang, peraturan dan pelanggan dan banyak lagi).

FSSC 22000 memiliki persyaratan di atas, tetapi termasuk PAS 220 yang memberikan persyaratan khusus untuk PRP yang harus ditangani oleh produsen.

Ketika memilih skema sertifikasi perlu diingat bahwa FSSC hanya berlaku untuk produsen (lebih detail di www.fssc22000.com), jika Anda bukan produsen ISO 22000 akan menjadi standar untuk digunakan. Jika Anda memproduksi produk makanan, Anda memiliki pilihan standar ISO atau FSSC. Penting untuk menentukan apa yang dibutuhkan basis pelanggan Anda untuk membantu menentukan standar mana yang tepat untuk organisasi Anda.

GSM Certification, dapat membantu perusahaan Anda dalam Sertifikasi ISO 22000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected n_n