Rukan Inerbang Raya No.3 Batu Ampar jakarta Timur
021 2281 9466
0877 8670 9439
0822 9867 8232
Available WhatsApp

Perbedaan ISO 9001 dan ISO 14001

Perbedaan antara ISO 9001 dan ISO 14001

Meskipun sistem Mutu dan Lingkungan didasarkan pada kerangka sistem manajemen yang sama, namun ada beberapa perbedaan penting. Selain elemen inti yang diidentifikasi di atas, semua sistem manajemen juga memiliki beberapa elemen yang unik untuk area fokus khusus mereka. Misalnya, sistem mutu akan mencakup evaluasi pemasok dan ulasan kontrak pelanggan. Sistem lingkungan akan mencakup metode untuk mengevaluasi dampak lingkungan dan sistem untuk merespons keadaan darurat.

Selain klausa unik yang spesifik ini, ada perbedaan mendasar antara sistem mutu dan sistem lingkungan. Dalam sistem mutu, persyaratan sistem utama ditentukan oleh pelanggan. Meskipun kebutuhan stakeholder lainnya dapat dipertimbangkan, pelanggan adalah satu-satunya yang terpengaruh langsung oleh kualitas produk dan layanan. Ini berarti bahwa tujuan sistem mutu pada umumnya cukup jelas – untuk memenuhi atau melampaui persyaratan pelanggan. Persyaratan yang berbeda dari berbagai pelanggan adalah satu-satunya kompleksitas yang dapat mempersulit sistem.

Situasi untuk sistem lingkungan tidak begitu mudah. Pelanggan atau Customer Anda mungkin masih tertarik dengan dampak lingkungan perusahaan, namun ada banyak pemangku kepentingan tambahan yang perlu dipertimbangkan juga. Pemerintah Pusat dan Daerah, masyarakat lokal, dan kelompok aktivis lingkungan semuanya memiliki kepentingan terhadap kinerja lingkungan bisnis – dan semuanya memiliki dampak potensial terhadap bisnis jika mereka tidak senang dengan kinerja tersebut.

Persyaratan sistem tambahan mungkin juga berasal dari perjanjian internasional atau ketentuan resmi lainnya di msing masing negara, program khusus industri, dan kode praktik. Ini semua menambahkan persyaratan yang sangat kompleks dan terus berubah dari berbagai pemangku kepentingan.

Di antara semua persyaratan eksternal ini, jangan lupa persyaratan internal yang mendasari sistem kualitas dan lingkungan – untuk memiliki bisnis yang sukses. Entah bagaimana, bisnis harus memenuhi kebutuhan eksternal yang beragam ini, mungkin termasuk pendaftaran ISO 9001 dan ISO 14001, dan tetap mempertahankan bisnis yang kompetitif dan menguntungkan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih jauh tentang perbedaan ISO 9001 dan ISO 14001, silahkan hubungi kami GSM Certification

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected n_n