Menghitung Auditor Day

MENGHITUNG AUDITOR DAY

Dalam proses sertifikasi ISO, audit merupakan tahap yang menentukan. Penilaian kompetensi organisasi dan pemenuhan persyaratan ada dalam tahap ini.

Oleh karenanya, untuk menjaga mutu sebuah audit yang dilakukan lembaga sertifikasi yang telah terakreditasi, International Acreditation Forum (IAF) mengeluarkan sebuah “mandatory document” atas durasi audit sertifikasi dan surveillance. Anda dapat mendownloadnya di www.iaf.nu menu “mandatory document”. Silahkan memilih judul: IAF Mandatory Document or Duration of QMS and EMS Audits (IAF MD 5: 2013).

Man day—demikian satuan durasi tersebut sering disebut—adalah banyaknya waktu efektif dan auditor yang dibutuhkan untuk melakukan audit. Beberapa faktor yang mempengaruhi misalnya standar ISO yang disertifikasi, jumlah personil organisasi yang diaudit, kompleksitas proses, bidang/sektor organisasi, maupun jumlah lokasi (site).

Untuk lebih jelas, organisasi sebaiknya menghubungi lembaga sertifikasi. Silahkan konsultasikan dengan marketingnya. Untuk menyiasati membengkaknya jumlah man days dan biaya sertifikasi, biasanya marketing sudah memiliki opsi-opsi yang ditawarkan seperti pengurangan lingkup sertifikasi, jumlah site yang disertifikasi, justifikasi penghitungan jumlah karyawan, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected n_n