Membangun Kepuasan Pelanggan Dengan ISO 9001

Apakah semua pelanggan Anda puas ?

Bagaimana Anda bisa menentukan ini dan apa yang Anda lakukan jika jawabannya negatif ?

Nah, disinilah bagi Anda yang memiliki Standar Manajemen Mutu ISO 9001 dapat membantu menjawab atas pertanyaan tersebut.

Fokus utama untuk ISO 9001 adalah kepuasan pelanggan. Klausul 8.2.1 ISO 9001 mensyaratkan sebagai bagian dari standar bahwa Anda memonitor informasi yang berkaitan dengan persepsi pelanggan untuk menentukan apakah persyaratan pelanggan telah terpenuhi. Hal ini menempatkan penekanan besar pada memastikan klien Anda benar-benar puas.

ISO 9001 tidak menentukan bagaimana Anda menilai atau mengukur apakah klien Anda puas.

Inilah cara kami percaya bahwa Anda dapat mengembangkan proses Anda dengan ISO 9001 untuk membangun kepuasan pelanggan dalam bisnis Anda.

  • Melakukan survei kepuasan pelanggan.
  • Menerapkan proses penanganan keluhan yang kuat dan dapat diterapkan.
  • Menerapkan proses untuk memantau tren data pelanggan.
  • Menerapkan proses untuk meninjau data pelanggan.

Namun di atas akan tidak efektif dan tidak melakukan apapun untuk membangun pelanggan yang puas tanpa lapisan lebih lanjut dalam prosesnya. Sangat penting bahwa dalam prosedur Anda, Anda menentukan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Sebenarnya melakukan survei kepuasan pelanggan (siapa yang akan mengirimkannya dan bagaimana?)
  2. Berurusan dengan umpan balik pelanggan saat masuk
  3. Meninjau dan menganalisis data pelanggan
  4. Berurusan dengan klaim pengembalian dan garansi (salah satu hal yang akan menurunkan kepuasan pelanggan Anda secara dramatis adalah jika hal ini tidak ditangani secara efisien).

Sertifikasi ISO customer satisfaction

Poin penting mengenai hal tersebut di atas adalah bahwa jika data negatif terungkap, Anda harus bertindak dengan cepat sebagai bagian dari keseluruhan pengelolaan standar Anda (tentu saja Anda akan memiliki sebuah proses untuk ini sebagai bagian dari standar Anda sehingga akan Mudah diterapkan

Dengan hal tersebut di atas dan elemen kunci lainnya dari standar ISO 9001, Anda akan berada di jalan yang benar untuk membangun tingkat kepuasan pelanggan yang begitu tinggi sehingga Anda harus melihat kenaikan pesanan berulang (re-Order), jumlah keluhan menurun dan jumlah klaim menurun

Tertarik menggunakan dan menerapkan Sertifikasi ISO 9001 untuk meningkatkan kepuasan pelanggan anda? Cari tahu lebih lanjut tentang standar Manajemen Mutu ISO 9001 di sini.

GSM Certification merupakan salah satu Badan Sertifikasi ISO terpercaya di Indonesia, hubungi tim kami di 021 – 2281 9466

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected n_n