Manfaat Sertifikasi ISO 14001:2015

Manfaat Dari Standar Baru dari Setifikasi ISO 14001:2015

14001: 2015 – ditujukan untuk membantu organisasi menanggapi tantangan keberlanjutan global dan memastikan mereka terus memperoleh manfaat dari penerapan Sistem Manajemen Lingkungan.

Sehubungan dengan mendapatkan sertifikasi terhadap standar, pendekatan holistik ISO 14001 untuk mengelola dampak lingkungan telah memungkinkan organisasi untuk menunjukkan kredensial ‘hijau’ sebagai pembeda skenario persaingan. Akibatnya, tidak hanya standar yang membantu pelaksana menghemat uang melalui peningkatan efisiensi sumber daya dan mengurangi limbah, namun sertifikasi juga membantu mereka memenangkan pekerjaan (tender/proyek) juga.

Apa yang Berubah ?

Perubahan persyaratan ISO 14001 pada akhirnya dirancang bagi organisasi agar Sistem Manajemen Lingkungan mereka bekerja lebih efektif untuk bisnis, dengan fokus yang lebih besar pada:

  • Keterlibatan kepemimpinan;
  • Komunikasi dan partisipasi;
  • Melindungi lingkungan, dan;
  • Berpikir siklus hidup

Pada dasarnya, struktur ISO 14001: 2015 juga telah berubah untuk berbagi struktur umum dengan standar manajemen ISO lainnya seperti ISO 9001: 2015 dan ISO 27001: 2013.

Bagaimana Manfaat Revisi Organisasi ?

ISO 14001: 2015 menyajikan sebuah kesempatan bagi organisasi untuk menunjukkan bahwa mereka paling cepat mengikuti praktik terbaik global untuk pengelolaan lingkungan. Dalam sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh IEMA, lebih dari 40 persen responden mengatakan bahwa standar yang direvisi akan membawa pembelian lebih besar dari manajemen senior. Jika ini tercapai, organisasi harus menemukan peningkatan manfaat dari keterlibatan dan pertanggungjawaban yang lebih besar dengan staf di semua tingkat.

Survei IEMA juga mengungkapkan bahwa 40 persen responden menabung setidaknya US $ 15.000 per tahun, dengan beberapa bisnis menghemat lebih dari $ 7,5 juta per tahun sebagai akibat penggunaan ISO 14001: 2004 berkat langkah efisiensi energi dan pengelolaan limbah yang lebih baik.

IEMA juga mengutip klien yang menghasilkan peluang bisnis baru sebagai hasil sertifikasi ISO 14001. Ini adalah sesuatu yang didukung dalam Survei Kepuasan Klien Biro Penilaian tahun Inggris, di mana 73 persen menemukan sertifikasi membantu mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan atau memenangkan bisnis secara langsung. Sebanyak 21 persen lagi mengatakan bahwa ISO 14001 membantu meningkatkan profil organisasi mereka.

Tidak melupakan manfaat internal, 86 persen mengatakan bahwa mereka telah memperbaiki proses dan efisiensi. Hal ini mengakibatkan 96 persen klien yang disurvei mengatakan bahwa mereka akan merekomendasikan standar lingkungan.

Apa Dampak ISO 14001: 2015 ?

Seperti ditunjukkan oleh angka di atas, ISO 14001: 2015 akan dibangun di atas dasar yang kokoh yang ditinggalkan oleh pendahulunya. Dengan persyaratan baru yang mendorong organisasi untuk mempertimbangkan dampak lingkungan mereka dari buaian ke kuburan, bersamaan dengan peningkatan keterlibatan para pemimpin dan stafnya, jangkauan standar tampaknya akan jauh lebih jauh ke dalam rantai pasokan dunia.

Dengan ISO 14001: 2015 lebih mudah diakses berkat sifatnya yang kurang preskriptif, kini tidak pernah ada waktu yang lebih baik bagi organisasi untuk menyadari kenyataan pengelolaan lingkungan hidup sebagai bagian dari strategi inti bisnis.

GSM Certification adalah Badan Sertifikasi Terpercaya di Indonesia, membantu proses sertifikai ISO 14001 Organisasi Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected n_n