Cara Mengintegrasikan ISO 14001 dan ISO 9001

Cara Mengintegrasikan ISO 14001 dan ISO 9001

 

Jika Anda memiliki sistem manajemen mutu yang memenuhi ISO 9001 (QMS), seberapa sulit untuk mengintegrasikan sistem manajemen lingkungan (EMS) per ISO 14001 ke dalam sistem yang ada? Mungkin mengejutkan Anda betapa mudahnya hal ini, karena banyak proses yang sama di kedua sistem. Secara singkat saya jelaskan ini dalam artikel yang mengintegrasi ISO 9001 dan ISO 14001, tetapi di sini ada detail lebih lanjut tentang apa yang perlu Anda lakukan.

 

Apa yang sudah ada di sana?

Jika sistem manajemen mutu Anda sesuai dengan ISO 9001, maka Anda sudah memiliki proses berikut di tempat:

 

  • Pembuatan dan penyebaran kebijakan
  • Tujuan penciptaan dan diseminasi
  • Kompetensi, pelatihan, dan proses penyadaran
  • Komunikasi informasi sistem manajemen
  • Kontrol dokumentasi sistem
  • Kontrol catatan
  • Kontrol ketidaksesuaian
  • Tindakan korektif dan tindakan pencegahan
  • Audit internal
  • Ulasan Manajemen

 

Kami GSM Certification merupakan salah satu  lembaga sertifikasi ISO terbaik di Indonesia, kami siap membantu perusahaan anda untuk mengantongi sertifikat ISO

Anda perlu memperbarui proses ini untuk juga menyertakan informasi EMS baru, tetapi Anda tidak perlu membuat proses baru untuk menangani persyaratan EMS ini. Misalnya, Anda perlu mengidentifikasi catatan EMS mana yang dikontrol, tetapi metode kontrol dan penyimpanan sudah akan diputuskan sesuai proses yang ada. Hal yang sama dapat dikatakan untuk audit internal dan tinjauan manajemen; kegiatan ini hanya perlu memasukkan audit dan peninjauan ulang untuk pengelolaan lingkungan, tetapi proses dan prosedur bagaimana hal ini dilakukan sudah ada.

 

Proses Utama Apa Yang Perlu Anda Tambahkan?

Beberapa langkah utama pertama untuk menerapkan ISO 14001 Anda compliant EMS akan memerlukan menggunakan proses yang ada, tetapi beberapa akan memerlukan proses dan prosedur baru yang akan dibuat. Dalam artikel 5 elemen proyek ISO 14001 yang sukses saya berbicara tentang memulai dengan dasar-dasar berikut ketika memulai implementasi EMS Anda.

 

Dengan cara ini Anda akan memiliki landasan yang baik untuk semua elemen lain dari sistem manajemen lingkungan Anda:

 

Kebijakan lingkungan:

Menggunakan proses yang ada untuk pembuatan kebijakan dan diseminasi untuk membuat kebijakan baru, atau mengedit kebijakan SMM yang ada, untuk memasukkan tujuan dan panduan yang diperlukan untuk mengarahkan pelaksanaan dan pemeliharaan EMS Anda dengan benar.

 

Persyaratan Hukum:

Ini akan membutuhkan proses baru untuk memastikan bahwa Anda mengidentifikasi semua persyaratan hukum lingkungan yang berlaku untuk perusahaan Anda. Proses ini juga perlu memastikan bahwa Anda menjaga kepatuhan terhadap persyaratan dengan mengikuti perkembangan perubahan saat mereka keluar. Mengetahui persyaratan ini dan bagaimana mereka berlaku untuk perusahaan Anda sangat penting untuk langkah selanjutnya.

 

Aspek Lingkungan:

Ini adalah proses baru besar kedua yang dibutuhkan oleh ISO 14001. Dengan proses ini Anda akan perlu mengidentifikasi semua cara di mana proses perusahaan Anda berinteraksi dengan lingkungan dan menilai mana yang signifikan dan mana yang tidak. Untuk aspek lingkungan yang signifikan, Anda nantinya perlu mengidentifikasi kriteria dan pengendalian operasional yang diperlukan untuk memastikan bahwa aspek-aspek penting ini tidak menimbulkan dampak negatif yang signifikan terhadap lingkungan.

Tujuan, Sasaran dan Program:

Meskipun proses yang ada untuk menciptakan dan mempertahankan tujuan dapat digunakan, Anda perlu memperbarui proses ini untuk memasukkan target dan program, karena ini bukan persyaratan ISO 9001. Kemudian, tujuan dan sasaran baru untuk lingkungan manajemen perlu dibuat dan dikelola, dan Anda perlu membuat program yang berlaku untuk sasaran dan target lingkungan Anda.

Gunakan Apa yang Sudah Ada Sepenuhnya Untuk Mempermudah Implementasi EMS

 Dengan meluangkan waktu untuk mengidentifikasi bagian mana dari sistem manajemen Anda yang sudah ada dapat dibuat berlaku untuk sistem manajemen lingkungan terpadu Anda, Anda akan dapat menghemat waktu dan usaha dalam jangka panjang, karena proses ini sudah akan diidentifikasi, diketahui, dan dipelihara. Dengan cara ini, dibutuhkan lebih sedikit upaya untuk membawa karyawan terlibat hingga kecepatan, dan dengan demikian sangat mengurangi waktu yang diperlukan untuk menerapkan EMS Anda dalam organisasi Anda. Duplikasi adalah pemborosan yang tidak Anda butuhkan ketika membuat sistem manajemen Anda seefektif mungkin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected n_n