Rukan Inerbang Raya No.3 Batu Ampar jakarta Timur
021 2281 9466
0896 5028 4915
0822 9867 8232
Available WhatsApp

Biaya Sertifikasi ISO

Biaya Sertifikasi ISO.

Dengan Proses Mudah (Customize),  GSM ISO Certification hadir sebagai Solusi Perusahaan Anda dalam kepengurusan ISO. dengan Biaya sertifikasi ISO yang Terjangkau.

biaya sertifikasi isoBanyak perusahaan yang belum tahu bagaimana menilai kewajaran biaya sertifikasi. Bahkan beberapa di antaranya ada yang tidak tahu bahwa biaya sertifikasi ISO terpisah dari biaya jasa konsultan ISO.

Ada pula yang memang tidak mau tahu, asal dapat sertifikat, siap membayar. Tidak peduli prosesnya bagaimana. Menghadapi motif perusahaan  yang ngebet sertifikat seperti ini, biasanya lembaga sertifikasi akan bekerjasama dengan pihak konsultan untuk membantu perolehan sertifikat.

Berikut ini beberapa hal yang bisa digunakan untuk menghitung biaya adopsi dan sertifikasi ISO:

PISAHKAN BIAYA SERTIFIKASI ISO DARI BIAYA KONSULTAN ISO

Proses konsultasi dan sertifikasi adalah dua hal berbeda, dilakukan oleh pihak yang berbeda pula. Perusahaan Anda tidak harus menggunakan jasa konsultan ISO dalam melakukan sertifikasi sistem manajemennya. Meskipun penggunaan jasa konsultan ISO adalah cara yang paling lazim, mungkin ada baiknya organisasi meninjau dulu apa motif adopsi dan sertifikasi standar ISO.

Jika memang tak perlu jasa konsultan ISO, tentu perusahaan atau organisasi bisa lebih menghemat pengeluaran biaya. Misalnya, jika motif adopsi hanya untuk dapat sertifikat biasanya tidak akan jauh-jauh dari soal urusan dokumentasi. Organisasi mungkin dapat menugaskan personil internal yang sudah dilatih untuk mendokumentasikan sistem manajemen sesuai dengan standar ISO. Terlebih lagi jika motif perolehan sertifikat hanya untuk persyaratan adminsitrasi tender.

Jika memang harus menggunakan jasa konsultan ISO, organisasi harus lebih cermat atas manfaat apa yang ingin diraih dibanding besarnya biaya. Tidak ada standar baku untuk biaya konsultasi ISO, setiap konsultan bisa punya harga sendiri-sendiri. Jadi, tentukan dulu berapa anggaran yang disediakan untuk konsultan ISO.

Semakin besar nilai tambah “improvement” yang diinginkan, seharusnya organisasi dan perusahaan juga siap dengan biaya untuk konsultan yang mempunyai reputasi baik. Namun jika jasa konsultan hanya untuk membantu menyusun dokumentasi, seharusnya biaya konsultasi ISO tidak perlu mahal.

error: Content is protected n_n