Keamanan Pangan ISO 22000

Keamanan Pangan ISO 22000

Tujuan utama ISO 22000 adalah membantu organisasi membangun pendekatan praktis untuk mengurangi dan menghilangkan risiko keamanan pangan dan dengan demikian melindungi konsumen. Pendekatan ini memandu organisasi untuk menyelesaikan persyaratan untuk proses dan prosedur FSMS. Setelah menerapkan persyaratan ini, Anda akan dapat mengajukan permohonan sertifikasi ISO 22000. Dengan memiliki sertifikat ISO 22000, Anda menunjukkan kepada konsumen Anda bahwa Anda memiliki Sistem Manajemen Keamanan Pangan di tempat. Dengan menerapkan FSMS, Anda juga memastikan konsumen tentang keamanan produk yang Anda sediakan. Lebih tepatnya, ini menunjukkan produksi, pengolahan, distribusi, penyimpanan, dan penanganan makanan dan bahan-bahannya.

 

Desain ISO 22000

Tujuan ISO 22000 adalah untuk memastikan keamanan pangan dan pengendalian yang efektif terhadap bahaya keamanan pangan sehingga rantai pasokan makanan tidak mengandung tautan yang lemah. Ini dicapai dengan menerapkan persyaratan sistem manajemen keamanan pangan dan elemen-elemen kunci berikut: • Komunikasi interaktif; • Manajemen sistem; • Program prasyarat; dan • Prinsip HACCP. Aspek penting dari pengendalian bahaya keamanan pangan adalah komunikasi efektif antara organisasi, pemasok dan pelanggan, yang membantu memastikan bahwa semua bahaya keamanan pangan diidentifikasi dan dikendalikan di setiap langkah rantai pasokan. Selain itu, komunikasi membantu pelanggan dan pemasok organisasi untuk memperjelas persyaratan mereka. Demikian pula, memahami peran organisasi dan posisinya dalam rantai makanan adalah faktor yang tidak dapat memastikan komunikasi yang efektif di seluruh rantai. ISO 22000 telah diselaraskan dengan ISO 9001 untuk memaksimalkan efek pada kualitas makanan.

 

Siapa Yang Harus Menggunakan ISO 22000?

Sebagaimana disebutkan di atas, ISO 22000 adalah standar sistem manajemen keamanan pangan generik yang dapat digunakan oleh organisasi yang dalam satu atau lain cara terlibat dalam industri rantai makanan. Itu menyederhanakan fakta bahwa tidak peduli kompleksitas atau ukuran organisasi, sertifikasi ISO 22000 dapat membantu memastikan keamanan produk dan mencapai kepuasan konsumen. Standar ini juga dapat membantu organisasi yang tidak terlibat langsung dalam industri makanan, seperti yang memproduksi pakan ternak atau yang menghasilkan bahan yang pada akhirnya akan menjadi bagian dari makanan industri. ISO 22000 dapat digunakan sebagai berikut: • Produsen Utama (Peternakan, perusahaan susu, peternakan, dll.)• Prosesor (Pengolah daging, pengolah pakan, pengolah ikan, dll.)• Penyedia Layanan Makanan (Restoran, hotel, penerbangan, rumah sakit, toko kelontong, dll.)• Produsen (Pembuat sup, produsen minuman, toko roti, dll.)• Pemasok Produk (Pemasok peralatan, bahan kemasan, peralatan, dll.)

 

Mengapa Anda Membutuhkan ISO 22000?

 Pernah bertanya-tanya apakah ISO 22000 tepat untuk organisasi Anda? Nah, ini cukup sederhana karena ISO 22000 berlaku terlepas dari ukuran organisasi Anda. Organisasi Anda perlu menerapkan praktik terbaik untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan melampaui harapan para pemangku kepentingan dan konsumennya. Konsekuensi dari kegagalan untuk memastikan keamanan makanan seringkali bisa sangat parah. Oleh karena itu, mempersiapkan yang tak terduga dapat melindungi organisasi Anda dari berbagai jenis kerugian yang dapat berdampak negatif terhadap operasi bisnisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected n_n