7 Cara Sertifikasi ISO Membantu Bisnis

7 Cara Sertifikasi ISO Bisa Membantu Bisnis Anda

Anda mungkin bertanya-tanya apakah itu layak biaya dan kesulitan mendapatkan sertifikasi ISO dan lainnya untuk bisnis Anda. Menurut sejarah bisnis sampai saat ini jawabannya adalah ‘IYA’

Faktanya, 98% perusahaan dengan sertifikasi ISO menilai itu merupakan investasi yang sangat bagus, menurut sebuah survei Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2009. Sebuah tinjauan ulang tahun 2012 terhadap 82 studi tentang ISO menemukan bahwa sertifikasi memiliki “manfaat nyata” dalam hal operasi, kepuasan pelanggan dan keterlibatan karyawan.

“Sertifikasi ISO seperti membuat fondasi yang kokoh untuk rumah Anda. Anda bisa membangun bisnis yang kuat di dalamnya, “kata Konsultan BDC Isabelle Ledoux, yang menasihati pengusaha untuk mendapatkan standar ISO dan lainnya.

Ledoux Mencantumkan Manfaat Konkret ini dari Sertifikasi ISO

  • Mempromosikan Praktik Terbaik

ISO dan standar lainnya memberi Anda akses ke praktik terbaik yang diakui secara internasional di seluruh bisnis Anda. Standar ada untuk segala hal mulai dari manajemen mutu hingga kinerja lingkungan, keamanan informasi, keamanan pangan, manajemen risiko, dan kesehatan dan keselamatan kerja.

  • Membantu Anda Menjadi Lebih Produktif

Mengikuti standar mengharuskan Anda untuk secara jelas mendefinisikan, mendokumentasikan dan memantau proses bisnis Anda. Anda juga perlu menetapkan tujuan untuk perusahaan Anda dan mengukur kemajuan Anda. Pekerjaan ini sangat penting untuk membangun bisnis yang ramping dan produktif.

  • Menjaga Kepuasan Pelanggan

Standar membantu pelanggan tetap puas dengan meningkatkan manajemen keluhan, kontrol kualitas dan pemantauan kepuasan klien. Penelitian menunjukkan salah satu keuntungan utama dari sertifikasi adalah berkurangnya keluhan pelanggan.

“Setiap bisnis menginginkan lebih banyak klien, tapi jika Anda tidak membuat mereka puas, Anda akan mendapatkan lebih banyak klien yang tidak bahagia,” kata Ledoux.

  • Meningkatkan Pendapatan

Sertifikasi ISO dapat membantu bottom line bisnis Anda. Tiga dari lima perusahaan yang mengadopsi ISO meningkatkan pendapatan mereka, menurut analisis 92 studi tahun 2015. Kenaikan pendapatan secara signifikan lebih tinggi daripada perusahaan non-sertifikasi.

Hasil kinerja terbaik terjadi di perusahaan yang melakukan upaya berkelanjutan untuk memperbaiki operasi-tidak tepat sebelum audit rekertifikasi berikutnya. “Ini investasi yang bagus, tapi Anda harus berusaha keras,” kata Ledoux.

  • Membuka Pintu ke Pasar Baru (Perluasan Market)

Standar memberi akses bisnis Anda ke pasar baru. Misalnya, Anda mungkin memenuhi syarat untuk kontrak pemerintah yang memerlukan kepatuhan terhadap standar tertentu. Atau, mungkin, Anda bisa bergabung dengan rantai pasokan perusahaan besar atau megaproyek. Banyak standar yang diakui di seluruh dunia dan dapat meningkatkan kredibilitas Anda dengan pelanggan di pasar internasional.

  • Memenuhi Komitmen Tim

Memenuhi standar ISO dapat membantu Anda mendorong angkatan kerja yang lebih terlibat dan produktif. Bisnis yang disertifikasi melaporkan kepuasan kerja, omzet, absensi, motivasi karyawan dan komunikasi manajer-karyawan yang lebih baik, sesuai dengan ulasan penelitian tahun 2012.

Proses sertifikasi menyatukan para manajer dan karyawan untuk bekerja menuju tujuan bersama, dengan menggunakan proses yang konsisten. “Manajer dan karyawan mengembangkan lebih banyak komitmen untuk memperbaiki bisnis,” kata Ledoux.

  • Berlaku untuk Semua Ukuran

Sertifikasi berguna untuk perusahaan dari semua ukuran dan jenis bisnis, bahkan hanya dengan beberapa karyawan. Usaha kecil terkadang mengejar sertifikasi karena persyaratan rantai pasokan atau kapan mereka ingin menerapkan praktik terbaik dalam operasi mereka.

GSm Certification merupakan salah satu Badan Sertifikasi ISO yang Terpercaya. Membantu Perusahaan Anda dalam kepengurusan Sertifikasi ISO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected n_n